Dishub Siapkan 14 Bus Untuk Dukung Operasional Terminal Demak 2019

terminal demak
Ilustrasi terminal bus | Foto : instagram nugroho_ajii
Mari berbagi

JoSS, DEMAK – Kementerian perhubungan mengambil alih pembangunan terminal Demak dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp48 miliar. Rencananya 14 armada bus disiapkan untuk melayani sejumlah rute penghubung Semarang-Demak.

Terminal Tipe A seluas 5,1 hektar ini nantinya untuk menggantikan terminal Terboyo  yang sudah rusak parah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pembangunan terminal itu sebagai salah satu terminal angkutan jalan di Indonesia yang merupakan simpul transportasi di Jawa Tengah.

“Keberadaannya sangat didambakan oleh masyarakat di Provinsi Jawa Tengah khususnya kota Demak dalam mobilitas sehari-hari,” kata Budi di Demak, baru-baru ini.

Lokasi pembangunan Terminal Bus Demak berada di Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, itu pada tahun ini akan dilaksanakan tahap persiapan dan pekerjaan konstruksi lahan senilai Rp3,5 miliar. Pembangunannya sendiri dilaksanakan secara multiyears selama 3 tahun.

Budi menyampaikan, pembangunan Terminal Demak itu akan dipercepat agar bisa selesai tahun 2019, sedangkan tahun 2018 tahapannya berupa proses pembebasan lahan atau ‘land clearing’ dan pembuatan pagar keliling.

Dia menambahkan pihaknya sedang mengembangkan sebuah konsep pembangunan terminal multifungsi. Seperti yang telah dikerjaksamakan  dengan pihak swasta, adapun terminal tipe A yang sedang dikerjakannya dengan swasta yaitu Terminal Mangkang Semarang, Terminal Harjamukti Cirebon, Terminal Tirtonadi Solo dan Terminal Terpadu Merak.

Baca juga : Tarif Tol Semarang – Solo Naik Mulai 24 Juli 2018

“Yang Terminal Solo sedang proses lelang, nanti akan dikelola oleh swasta. Nanti diterminal itu, ada mall, pusat bisnis kemudian hotel,” kata dia.

Skema itu, lanjut Budi tidak menutup kemungkinan akan diaplikasikan di Terminal Demak. “Nanti di tahun 2019 akan kita review lagi, jika memungkinkan nanti bisa kita aplikasikan di sini,” katanya.

Semantara itu, Bupati HM Natsir berharap pengganti Terminal Terboyo itu segera direalisasikan. Menurut dia, memskipun nantinya dikelola oleh pusat namun adanya infrastruktur ini akan memiliki dampak positif bagi perekonomian Demak.

Dia menilai, harapan percepatan pembangunan terminal yang bakal dilengkapi fasilitas laiknya bandara memang bukan tanpa alasan. Sebab menurut Bupati Natsir, sarana dasar yang dibutuhkan sudah dibuat atau tersedia. “95 % ruas jalan di Demak dalam kondisi bagus dengan konstruksi cor beton,” ujarnya

Pemerintah pusat juga menyiapkan 14 unit bus untuk melayani jalur Demak-Semarang menggunakan bus rapid transit (BRT).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Demak, Tri Wahyu Hapsari mengatakan, keberadaan bus tersebut akan mendukung terminal tipe A di Demak yang juga akan beroperasi tahun 2019. Rute yang akan dilalui BRT Semarang-Demak adalah Bandara Ahmad Yani, Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, Kaligawe, Sayung, Masjid Agung Demak, Kadilangu, Jogoloyo, Terminal Demak dan kembali ke Kota Semarang.

Rencananya, akhir Juli akan digelar sosialisasi dan ditindaklanjuti dengan pembuatan selter di 40 titik. “40 selter tersebut bukan hanya yang ada di Kabupaten Demak tetapi sudah termasuk yang ada di Kota Semarang,” katanya.

Rute BRT Semarang-Demak selain berfungsi untuk meningkatkan pelayanan publik, juga mempermudah jalur transportasi bagi para peziarah. Sebab, rute bus tersebut melewati masjid Agung Demak dan Kadilangu. Di belakang Masjid Agung Demak terdapat lingkungan permakaman para raja-raja Kesultanan Demak, ada pun di Kadilangu terdapat makan Sunan Kalijaga. Dua lokasi wisata ziarah tersebut setiap tahun tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

“Jadi para peziarah dari luar kota, atau yang dari bandara Ahmad Yani bisa sekali jalan dengan naik BRT,” terangnya.

Selain BRT, tahun ini Pemkab Demak akan menerima bantuan bus sekolah sebanyak enam unit. Bus yang akan melayani transportasi siswa tersebut diharapkan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan pelajar dalam menempuh pendidikan.

“Kami masih mengkaji rute mana saja yang akan dilalui, tentunya memprioritaskan
jalur yang padat dilalui siswa, atau jalur yang belum terlayani moda transportasi untuk siswa menuju sekolah,” katanya. (sdk/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*