Press "Enter" to skip to content

Bank Banten Garap Potensi Ekonomi dan Keuangan Solo

Mari berbagi

JoSS, SOLO – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (Bank Banten) serius menggarap potensi industri keuangan dan ekonomi masyarakat Solo seiring dengan meningkatnya performa kinerja perbankan dan angka inflasi yang relatif terkendali di wilayah itu.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Bandoe Widiarto menuturkan langkah Bank Banten membuka cabang di Kota Bengawan ini sangat tepat, karena potensi ekonomi Solo dan sekitar cukup besar.

Dia menuturkan di sektor perbankan, pertumbuhan asetnya rata-rata lebih dari 10 persen dan angka kredit bermasalah atau NPL (nonperforming loan) hanya 3%, di bawah angka NPL nasional dan Jawa Tengah.

Selain itu, di Solo dan sekitarnya banyak perusahaan besar, selain UMKM yang terus tumbuh sehingga memudahkan perbankan menyalurkan kredit atau pembiayaan.

Di sisi lain, lanjut dia angka inflasi terkendali karena stabilnya harga-harga kebutuhan yang terkendali dan terjangkau. Kondisi ini mendorong masyarakat bisa menyisihkan uang untuk menabung.

“Di situlah potensi yang bisa digarap perbankan, termasuk Bank Banten yang baru buka cabang di Solo,” katanya, baru-baru ini.

Seperti diketahui Bank milik Pemerintah Provinsi Banten itu baru saja membuka Kantor Cabang (KC) Solo di Jalan Slamet Riyadi Solo, Kamis (5/7).

Peresmian Bank Banten KC Solo dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, turut disaksikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo Bandoe Widiarto, Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (INKB), Pasar Modal (PM), dan Edukasi Perlindungan Konsumen (EPK) OJK Solo Tito Adji Siswantoro, beserta Komisaris Bank Banten Media Warman.

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengatakan pihaknya terus menjalankan komitmennya dalam meningkatkan layanan perbankan bagi para nasabah.

Dia menambahkan salah satu upaya Bank Banten dalam meningkatkan jumlah dan kualitas dari jaringan dan layanan adalah membuka cabang di wilayah luar Banten yang memiliki potensi besar, juga melakukan relokasi cabang, seperti halnya KC Solo.

“Memasuki tahun ke-2, Bank Banten terus melakukan perbaikan dan meningkatan kinerja guna kepuasan nasabah. Salah satunya adalah membuka cabang di wilayah luar Banten yang memiliki potensi besar,” katanya.

Baca juga : Trans Jawa Terwujud, Pemda Harus Lebih Agresif Bangun Perekonomian

Bank Banten KC Solo kini bertempat di Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan protokol di Solo, dan merupakan pusat bisnis serta lingkungan perkantoran, baik perbankan, instansi pemerintah, juga pertokoan.

Bank Banten KC Solo melayani antara lain Transaksi Keuangan seperti Setoran, Penarikan dan Transfer Dana, juga Pembukaan Rekening Tabungan, Giro, dan Deposito, serta pengajuan dan pencairan Kredit Konsumer dan Kredit Komersial.

“Kami berharap dapat meningkatkan Kredit Konsumer melalui kredit ASN, Kredit Pensiunan, termasuk memperbesar Dana Pihak Ketiga, juga mengoptimalkan Kredit Karyawan non ASN. Begitu juga halnya dengan Kredit Komersial, Bank Banten memiliki beberapa debitur korporasi di Solo,” jelas Fahmi.

Sebagai informasi hingga Juni 2018, Bank Banten telah memiliki 26 Kantor Cabang, 11 Kantor Cabang Pembantu, 4 Kantor Kas, 1 Payment Point, 5 Smartvan dan 141 Unit ATM yang melayani nasabah di wilayah Banten dan kota-kota besar di seluruh Indonesia.

“Bank Banten terus berupaya untuk mengembangkan bisnis, termasuk dengan keberadaan 19 Kantor Cabang Bank Banten di luar wilayah Banten yang berada di kota-kota besar. Kami selalu memberikan layanan terbaik bagi para nasabah, dan juga memudahkan akses untuk layanan perbankan,” ujarnya.

Dia berharap di Solo Bank Banten dapat meningkatkan kredit konsumer melalui kredit ASN, pensiunan, termasuk memperbesar dana pihak ketiga (DPK). Di samping itu juga mengoptimalkan kredit karyawan non ASN. Begitu juga dengan kredit komersial, Bank Banten memiliki beberapa debitur korporasi di Solo. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id