Press "Enter" to skip to content

Mendulang Rupiah Dari Sketsa Tokoh Di Tahun Politik

Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Suhu politik di Tahan Air yang kian menghangat seiring dengan pelaksanaan hajat negara dalam melakukan pemilihan umum kepala daerah pada tahun ini, dan agenda pemilihan presiden serta anggota legislatif pada tahun depan memberikan efek ganda di berbagai sektor.

Terlepas dari agenda pesta demokrasi yang ada, tahun politik selalu membawa cerita sendiri bagi masyarakat, tak terkecuali Sugito, pelukis batik khusus sketsa wajah para tokoh nasional.

Pelukis asal Mendiro, Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta ini tengah kebanjiran order lukisan batik sketsa wajah dua tokoh politik yang digadang-gadang akan bertarung dalam memperebutkan kursi orang pertama di negeri ini.

Meski belum secara resmi memproklamirkan diri sebagai calon presiden, namun Joko Widodo dan Prabowo Subiyanto memang saat ini menjadi perbincangan hangat di berbagai lini masa terkait rencana keikutsertaannya dalam Pilpres 2019.

Memanfaatkan euphoria para pendukung kedua tokoh tersebut, bahkan Sugito telah menyiapkan lukisan batik sketsa wajah keduanya dalam  berbagai motif, untuk dipamerka kepada publik.

Sugito mencoba menyiapkan sedikitnya 50 lukisan sketsa wajah Prabowo dan Jokowi, dalam banyak gaya yang bervariasi. Dari hasil lukisannya tersebut, dia berharap akan mendapatkan pengalaman yang seru, seperti tangah melihat sebuah duel atau pertarungan sketsa wajah keduanya.

“Hasilnya, banyak koleksi lukisan sketsa wajah Jokowi maupun Prabowo yang diminati kolektor. Dan order lukisan batik sketsa wajah dua tokoh itu terus mengalir,” katanya kepada JoSS.co.id, Minggu (24/6).

Dia menuturkan, dalam sebulan order melukis sketsa wajah Prabowo Subianto dan Jokowi bahkan bisa imbang jumlahnya yakni antara 20 hingga 30 buah.

Sugito mengaku telah menekuni profesi lukis batik khusus sketsa wajah sejak enam tahun yang lalu. Dari ratusan tokoh nasional yang paling banyak dipesan ternyata hanya beberapa tokoh saja seperti Gus Dur, Megawati, Sri Sultan HB X, dan Jusuf Kalla.

“Namun untuk saat-saat ini pesanan paling banyak masih didominasi lukisan sketsa wajah Jokowi dan Prabowo Subianto,” ujarnya.

Baca jugaMozaik Kayu Karya Anak Putus Sekolah Tembus Pasar Ekspor

Lukisan sketsa wajah karya Sugito biasanya dijual dengan harga antara satu juta rupiah hingga dua juta rupiah tergantung ukuran dan motifnya.

Kini Sugito sedang menyiapkan sebuah lukisan sketsa wajah Jokowi yang tampil bergaya rambo berambut gondrong dan membawa senjata laras pendek. Sedangkan lukisan sketsa wajah Prabowo dengan gaya yang lebih lembut yakni mengenakan pakaian adat Jawa Mataraman.

Sugito bercita-cita bisa bertemu dengan dua tokoh yang disebut-sebut bakal saling berhadapan pada Pilpres 2019 tersebut. Karena melalui lukisan sketsa wajah kedua tokoh itu, ia dan keluarganya mendapatkan rejeki.

“Saya senang jika kelak dapat bertemu ke dua tokoh istimewa itu, Tuhan memberikan rejeki kepada saya melalui lukisan wajah pak Jokowi dan Pak Prabowo,” tutupnya. (gdo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id