Press "Enter" to skip to content

Sultan Jogja Diusulkan jadi Wapres Prabowo

Mari berbagi

JoSS, YOGYAKARTA – Raja di Kasultanan Jogjakarta, Sri Sultan Hamengkubowono X,  yang juga Gubernur DIY diusulkan oleh DPD Partai Gerindra DIY menjadi Calon Wakil Presiden untuk berpasangan dengan Calon Presiden Prabowo Subianto. Sekretaris DPD Gerindra DIY, Dharma Setiawan, menyatakan Ngarso Dalem –panggilan hormat orang Jogja terjadap Sultan—cocok mendampingi Prabowo pada Pilpres 2019.

”Kalau kita menilai Ngarso Dalem, Sri Sultan Hamengku Buwono X itu sangat cocok menjadi pendamping Pak Prabowo. Beliau matang sebagai negarawan dan bukan hanya sebagai Gubernur DIY ” kata, Dharma Setiawan, Sabtu (28/4).

Dia menunjukkan keberhasilan DIY yang bisa dilihat dari beberapa parameter, seperti  indeks demokrasinya nomor satu di Indonesia, kemudian dari soal keuangan DIY memperoleh predikat WTP tujuh kali. ”Namun kami juga menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Prabowo untuk menentukan siapa calon wakil presidennya. Tentu saja dengan mempertimbangkan pendapat dari partai- partai koalisi,” tutur dia.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Pemenangan Pilpres Gerindra, Sandiaga Uno, mengaku akan mempertimbangkan usulan tersebut. ”Pasti kami pertimbangkan,” kata Sandiaga yang dihubungi di Jakarta, Sabtu (28/4). Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, Sri Sultan merupakan sosok yang berpengaruh pada Pilkada 2017.

Sandi menuturkan, Sri Sultan merupajan orang pertama yang memberikan masukan soal pemikiran ekonomi kerakyatan. ”Beliau senior sekali, hebat, dan pemikirannya kemarin waktu Pilkada DKI memberikan masukan tentang ekonomi kerakyatan, itu cocok,” paparnya.

Belum ada tanggapan resmi dari Sultan Jogja akan adanya usulan dari Gerindra. Sewaktu diusulkan oleh Sri Bintang Pamungkas menjadi Calon Presiden ntuk menandingi Jokowi pada Pilpres 2019 beberapa waktu yang lalu, Sri Sultan juga menampik untuk berkomentar kepada awak media.

Dia menyatakan tak punya tanggapan atas isu itu.  “Saya enggak punya tanggapan apapun, saya tidak tahu kok. Ya, biarin saja wong hubungin aku juga tidak kok. Saya enggak akan punya komentar apapun,” ujar HB X di Kompleks Kepatihan, belum lama ini. (sm/*/awo)

 

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id