Press "Enter" to skip to content

Dishub Sediakan 16 Kapal Gratis Untuk Ke Jakarta

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan 16 kapal gratis bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta dengan keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H Purnomo mengatakan pemerintah memfasilitasi masyarakat yang hendak kembali ke Jakarta dengan angkutan umum gratis, termasuk kendaraan roda dua yang dibawa pemudik selama berlibur di Pulau Jawa.

“Saya optimis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin,” katanya, dalam siaran persnya  Sabtu (16/6).

Dia menjelaskan arus balik gratis ini adalah kelanjutan dari mudik gratis yang telah terlaksana sebelumnya. Menurut dia, arus balik gratis ini juga bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Warga yang menggunakan sepeda motor untuk mudik, tidak menambah kepadatan lalulintas karena diangkut pakai kapal.

Baca jugaPuncak Arus Balik Diprediksi H+3

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Chandra Irawan menuturkan arus balik gratis akan dimulai pukul 18 Juni hingga 22 Juni, bagi masyarakat yang hendak mengikuti program balik gratis ini bisa mendaftar mulai 17 Juni ini.

“Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” ujarnya.

Masyarakat dipersilakan mendaftar arus balik gratis ini di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, mulai 17 Juni 2018 pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Diprediksi, tanggal 20 Juni hingga 22 Juni 2018 akan menjadi tanggal pilihan favorit untuk balik ke Jakarta.

Namun masih banyak kuota untuk tanggal keberangkatan lainnya. Ada hadiah yang disediakan untuk peserta arus balik gratis.

“Data perhari ini (16/6), jumlah pendaftar mudik gratis sepeda motor arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76.36 persen dan diprediksi akan terus bertambah. Khusus arus balik ini, kami menyiapkan sejumlah doorprize untuk para pemudik yang akan diundi di atas kapal seperti televisi, telepon genggam, voucher belanja dan lain sebagainya,” ujar Chandra.

Ditjen Perhubungan Laut menyiapkan layanan telepon yang dapat membantu para pemudik mendapat informasi, yakni di 081298802017 dan 082299052018.

Sebelumnya, mudik gratis dari Jakarta juga telah dilaksanakan pada 9 sampai 13 Juni. Tingkat keterisian kapalnya mencapai 78%, melebihi target yang ditetapkan sebelumnya sebesar 60%. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id