Press "Enter" to skip to content

Aparat Gabungan Pastikan Rel KA Jogja Aman

Mari berbagi

JoSS, YOGYAKARTA – Jajaran TNI, Polri dan Pejabat PT KAI DAOP 6 Yogyakarta melakukan pemeriksaan jalur kereta api sebagai langkah persiapan arus mudik Lebaran 2018. Pemeriksaan jalur ini dimulai dari Stasiun Wates Kulonprogo hingga Stasiun Rewulu Bantul.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri bersama Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Mohammad Zamroni beserta Pejabat Utama Polda DIY dan Pejabat PT KAI DAOP 6 Yogyakarta melakukan pemeriksaan jalur kereta api, Kamis 31 Mei 2018.

Pemeriksaan jalur ini dilakukan dengan menaiki Lori atau sejenis kereta api pengangkut tebu. Berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju arah Stasiun Wates Kulonprogo. Saat melintasi jalur rel ini, pemeriksaan berhenti di Stasiun Patukan, serta Stasiun Rewulu, Bantul.

Pemeriksaan sendiri meliputi kondisi fisik jalur rel juga kesiapan instrumen pendukung yang terdapat di stasiun. Untuk kondisi fisik rel pemeriksaan meliputi bantalan rel, baut – baut serta kondisi tanah di sekitar rel.

Kepada JoSS.co.id yang turut serta dalam pemeriksaan ini, Kapolda menyatakan bahwa pemeriksaan ini merupakan bentuk tanggungjawab pihak Kepolisian dalam hal membantu PT KAI untuk memastikan bahwa jalur yang digunakan bersih dari kemungkinan sabotase.

Saat tiba di Wates, Kapolda beserta rombongan disambut hangat Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo, beserta Pejabat Kulonprogo lainnya.

Baca jugaJelang Lebaran Polda DIY Buka Akses Jalan Daendeles

Kapolda juga mengimbau perlunya penjagaan palang kereta api. Serta kepada masyarakat agar tidak menerobos palang pintu kereta api. “Jangan coba untuk melintas jika sudah melihat kereta api,” pungkas Kapolda.

Selama di Stasiun Wates Kabupaten Kulonprogo Kapolda melakukan pemeriksaan kondisi rel kereta api dan stasiun untuk memastikan semuanya siap untuk menyambut arus mudik dan balik lebaran mendatang.

Kapolda dan rombongan juga mengecek setiap sambungan rel kereta api sekiranya membahayakan perjalanan Kereta Api, serta di setiap perlintasan perlintasan yang tidak di jaga, juga menjadi perhatian sangat serius.

Kapolda berharap kepada Pengelola Kereta Api agar jumlah pejaga perlintasan tanpa palang untuk ditambah, karena dari stasiun Lempuyangan sampai stasiun wates puluhan perlintasan kereta api tidak dijaga.

Selain minta tambahan tenaga penjaga perlintasan Kapolda juga mengharapkan, tambahan Kereta Api, karena sudah mendekati arus balik sudah terasa, dan nantinya pemudik akan tambah banyak, mengingat tahun tahun sebelumnya para pemudik banyak yang menggunakan transportasi kereta api. (gdo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id