Press "Enter" to skip to content

Terminal Baru Bandara A Yani Siap Layani Pemudik 6 Juni

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT Angkasa Pura I siap mengoperasikan terminal baru Bandara Ahmad Yani, Jawa Tengah di masa Lebaran 2018. Terminal baru akan melayani penerbangan perdana pada 6 Juni.

“Tanggal 5 Juni boyongan dari terminal lama ke terminal baru. Pengoperasian terminal baru bandara pada tanggal 6 Juni,” ungkap Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di acara media visit terminal baru Bandara Ahmad Yani, Selasa (29/5) petang.

Faik menjelaskan terminal baru Bandara Ahmad Yani mempunyai kapasitas jauh melampaui terminal lama. Terminal baru mampu menampung sekitar 7 juta penumpang setahun atau sekitar 19 ribu penumpang per hari. Sedangkan terminal lama hanya mampu menampung sekitar 800 ribu penumpang dalam setahun atau sekitar 2.100 penumpang per hari.

“Dan pada tahun 2017, jumlah keseluruhan penumpang mencapai 4,4 juta,” ujar dia

Bahkan kapasitas terminal baru masih cukup untuk melayani jumlah penumpang tertinggi di masa peak season seperti Lebaran. Data statistik menyebutkan pada masa Lebaran 2017, jumlah tertinggi penumpang mencapai 16.700 orang per hari. Di Lebaran mendatang, Angkas Pura I memprediksi ada kenaikan traffic penumpang sekitar 8 % atau naik jadi 18 ribu per hari.

“Jadi dengan kapasitas 19 ribu per hari, terminal baru masih diatas jumlah tertinggi penumpang yang ada saat ini,” terang dia.

Baca jugaKetua DPRD Jateng : Terminal Baru Bandara Semarang, Terminal Terapung Pertama

Karenanya, Faik berharap dengan pengoperasian terminal baru, beragam persoalan yang terjadi di tahun-tahun lalu akibat keterbatasan kapasitas bandara, tahun ini bisa teratasi. Meski pekerjaan pembangunan terminal baru belum selesai 100 persen namun kondisinya jauh lebih baik dibanding terminal lama.

“Tempat parkir juga masih dalam tahap pengerjaan. Namun di masa Lebaran nanti sudah bisa menampung sekitar 600 kendaraan dari kapasitas total sekitar 2.000 kendaraan. Sedangkan tempat parkir di tempat lama hanya bisa menampung 500 kendaraan,” sambung Faik.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose menambahkan syarat pengoperasian terminal baru sudah terpenuhi. Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub melakukan verifikasi.

“Running test akan dilakukan 31 Mei 2018. Hal ini untuk mengetahui bahwa seluruh fasilitas dan prasarana siap dioperasionalkan. Kami akan lakukan pengetesan peralatan layaknya beroperasi,” jelasnya.

Selanjutnya, mulai 1 Mei dilakukan simulasi pengoperasionalan bandara. Simulasi dimulai dari toll gate hingga boarding. “Distribusi bagasi akan dilakukan training kepada airline. Semua yang ikut terlibat pelayanan akan ikut simulasi. Sehingga seluruh penunjang pengoperasionalan tanggal 6 Juni akan bisa dipenuhi,” pungkas Wendo. (joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id