Press "Enter" to skip to content

Radio China Susun Surat Pendengar RI Jadi Monumen Bola

Mari berbagi

JoSS, BEIJING, CHINA – Kantor China Radio International (CRI) menjadikan sekumpulan surat dari para pendengarnya yang berasal dari Republik Indonesia (RI) menjadi sebuah monument berbentuk bola. Penyusunan surat sebanyak 3.000 pucuk tersebut dilakukan untuk memberi gambaran bahwa pendengar mereka di Indonesia cukup banyak.

“Ini sengaja kami jadikan sebuah monumen, untuk membuktikan pendengar kami dari Indonesia cukup banyak pada waktu itu, meski tahun 1960-an hubungan Indonesia dan China kurang begitu baik,” kata Perwakilan CRI Divisi Bahasa Indonesia, Zhu Funing, di Beijing, baru-baru ini.

Menurut dia, para pendengar CRI dari Indonesia, khususnya untuk gelombang pendek atau gelombang tertentu, pada waktu itu banyak dan merupakan salah satu kelompok pendengar setia radio China sebab 3.000 surat yang dijadikan monumen itu terkumpul hanya dalam sebulan.

Funing menjelaskan radio China menyampaikan siaran khusus berbahasa Indonesia mulai 1 April 1970 untuk mengakomodasi pendengar setia dari Nusantara. “Saat ini, kami telah membuka siaran khusus dengan total 65 bahasa dunia, 10 di antaranya adalah bahasa negara-negara di Asia,” katanya saat menemui kunjungan delegasi media dari Indonesia di kantor CRI Shijingshan Road Beijing.

Dia menambahkan, CRI juga mempunyai divisi khusus bahasa Indonesia dengan 16 pegawai dari total 2.000 pegawai CRI yang ada di seluruh dunia.

Direktur CRI Wilayah Asia Tenggara An Xiaoyu mengaku bangga dengan pendengar Indonesia karena begitu banyak dan setia, bahkan hingga saat ini. “Keberadaan CRI yang merupakan bagian dari pemerintah China bertujuan mengenalkan Tiongkok kepada Indonesia, dan dengan siaran berbahasa Indonesia kami juga ingin mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok,” katanya.

Xiaoyu berharap hubungan masyarakat Tiongkok dan Indonesia bisa terus terjalin dengan baik dan harmonis melalui kerja sama media. CRI yang didirikan sejak 3 Desember 1941, kini mempunyai siaran televisi dan sejumlah aplikasi daring, serta media sosial dengan jumlah pengikut lebih dari 13 miliar orang di dunia.

Sebagai gambaran kedekatannya dengan Indonesia, dia mengungkapkan saat ini CRI yang menjadi bagian dari China International Broadcasting Network (CIBN) juga telah bekerja sama dengan beberapa media nasional seperti Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) AntaraTempoJawa Pos, dan Radio Elshinta(ant/awo)

2 Komentar

  1. Sutarto Edhisono Sutarto Edhisono Rabu, 9 Mei 2018

    Perlu ditambah rubrik Olah Raga, bola lokal : PSIS, Persis, Persijap, Persik Kendal,
    Gowes, lomba2 yl lain
    Event di Semarang, Solo dan sekitarnya
    Wisata yg orang belum banyak tahu

    • JoSS.co.id JoSS.co.id Kamis, 10 Mei 2018

      Terima kasih atas masukannya,
      Simak terus dan share info menarik dari JOSS.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id