La Nina Bakal Muncul, BMKG: El Nino Segera Menuju Fase Netral

BMKG memperkirakan fenomena iklim La Nina akan segera muncul menggantikan El Nino yang saat ini masih berlangsung. (foto: bmkg)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan fenomena iklim La Nina akan segera muncul menggantikan El Nino yang saat ini masih berlangsung.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, El Nino diprediksi akan menuju fase netral pada periode Mei, Juni, Juli 2024.

“El Nino diprediksi akan segera menuju netral pada periode Mei, Juni, Juli 2024,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (15/3).

Setelah El Nino berakhir, La Nina diprediksi akan muncul mulai Juli 2024. “Setelah triwulan ketiga, yaitu Juli, Agustus, September 2024, berpotensi beralih menjadi La Nina lemah,” ungkap dia.

Dwikorita menyampaikan bahwa IOD (Indian Ocean Dipole) diprediksi tetap netral setidaknya sampai September 2024.

Sementara itu, suhu muka laut di Indonesia diperkirakan akan lebih hangat dari normal, dengan kisaran +0,5 hingga -2,0 derajat Celsius.

Berbagai lembaga dan pakar klimatologi dunia juga memperkirakan La Nina akan muncul setelah El Nino hilang di pertengahan 2024.

Institute for Climate and Society (IRI) menyebutkan kemungkinan terjadinya La Nina pada musim panas boreal 2024 (Juni-September) menjadi yang paling mungkin terjadi.

“Namun peluang klimatologisnya (La Nina) mencapai musim panas boreal 2024 (Juni-September), La Nina menjadi kategori yang paling mungkin terjadi pada Juli-September 2024 dan seterusnya,” demikian keterangan resmi IRI.

La Nina diharapkan membawa dampak berupa hujan lebih sering, risiko banjir, suhu udara lebih rendah di siang hari, dan lebih banyak badai tropis di Indonesia.

El Nino dan La Nina adalah bagian dari El Nino-Southern Oscillation (ENSO), yang merupakan anomali Sea Surface Temperature (SST) di Samudera Pasifik. Munculnya La Nina diprediksi terjadi setelah El Nino menjadi netral, yang diperkirakan mulai terjadi pada periode Maret-April-Mei hingga Mei-Juni-Juli. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*