Pemda DIY Ajukan 2.944 Formasi ASN 2024, Fokus Tenaga Teknis dan Guru

Formasi ASN Pemda DIY 2024
Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) (Dok. Kemenkes)
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah mengusulkan 2.944 formasi untuk kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat pada tahun 2024.

Jumlah tersebut terdiri dari 354 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 2.590 formasi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Amin Purwani, menjelaskan bahwa usulan tersebut telah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 30 April 2024.

“Kami sudah mengusulkan dengan surat pertanggungjawaban usulan yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan sudah kami kirim,” ujar Amin.

Dari total 2.944 formasi yang diusulkan, 354 formasi CPNS dikhususkan untuk tenaga teknis, sedangkan 2.590 formasi PPPK terdiri dari 184 guru dan 2.406 tenaga teknis.

Amin menjelaskan bahwa formasi PPPK tahun ini dikhususkan bagi tenaga honorer di lingkungan Pemda DIY dengan masa kerja minimal 2 tahun yang telah masuk dalam basis data di Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Yang formasi 2.590 PPPK itu untuk tenaga bantu (honorer) kita. Kita usulkan semua tenaga bantu yang sudah terdaftar di Kemenpan-RB dan BKN,” jelas Amin, Sabtu (4/5/2024)

Amin memastikan bahwa rincian jumlah formasi yang diusulkan disusun berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 173 Tahun 2024.

Saat ini, Pemda DIY masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat, namun Amin menjamin tidak ada peluang “titipan” dalam seleksi penerimaan CPNS 2024 di DIY.

“Untuk persetujuan kami masih menunggu, tetapi ‘coaching clinic’ (pengusulan kebutuhan ASN) untuk wilayah I termasuk DIY baru dimulai tanggal tanggal 5 sampai 8 Mei besok,” ujar Amin.

“Semua transparan karena hasil dari tes bisa dlihat langsung, nilainya berapa itu bisa langsung dilihat,” lanjut Amin yang masih menunggu jadwal resmi seleksi CPNS-PPPK 2024 dari pemerintah pusat.(RJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*