Berapa Lama Sebaiknya Mengganti Sprei dan Sarung Bantal? Ini Rekomendasi Ahli

Sprei dan Sarung Bantal
Ilustrasi tidur dengan sprei dan sarung bantal bersih (pexels/ketut subiyanto)
Mari berbagi

SPREI dan sarung bantal merupakan tempat yang sering kali menumpuk berbagai hal, mulai dari ribuan sel kulit mati, tungau debu, hingga kotoran. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, penting untuk sering mencuci dan mengganti sprei serta sarung bantal. Tetapi, berapa lama sebaiknya waktu ideal untuk menggantinya?

Mengutip dari laporan Channel News Asia edisi akhir pekan lalu, tidak ada aturan baku mengenai waktu yang tepat untuk mencuci sprei dan sarung bantal. Hal ini bergantung pada berbagai faktor, seperti iklim, kondisi kulit, dan gaya hidup individu. Namun, secara umum, para ahli merekomendasikan agar sprei  diganti setiap satu hingga dua pekan sekali.

Bagi individu dengan hipersensitivitas atau sensitivitas kulit yang tinggi, sebaiknya mencuci sarung bantal setiap tiga hingga empat hari. Keputusan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti cuaca, kondisi kulit, dan gaya hidup.

Baca Juga: Hindari Dehidrasi saat Cuaca Ekstrem, Begini Tips Minum Air Putih  yang Tepat

Menurut Healthline, ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang harus mencuci sprei dan sarung bantal lebih sering, di antaranya:

– Memiliki alergi atau asma dan sensitif terhadap debu

– Mengalami infeksi atau lesi yang bersentuhan dengan seprai atau bantal

– Berkeringat berlebihan

– Membiarkan hewan peliharaan tidur di kasur

– Sering makan di tempat tidur

– Tidak mandi sebelum tidur

– Tidur tanpa pakaian

Tidak hanya masalah kebersihan, tidak mencuci sprei secara teratur juga dapat membuat tubuh terpapar jamur, bakteri, serbuk sari, dan bulu binatang yang seringkali ada di sprei dan alas tidur. Selain itu, sekresi tubuh, keringat, dan sel-sel kulit mati juga dapat ditemukan pada sprei. Keadaan ini berpotensi memicu masalah kulit seperti eksim atau dermatitis kontak.

Tak hanya itu, penderita asma dan alergi juga perlu berhati-hati, karena tidur di sprei yang kotor  yang jarang dicuci bisa memicu atau memperburuk gejala mereka. Selain itu, infeksi juga bisa ditularkan melalui linen yang tidak bersih dari sprei yang tidak dicuci dengan baik.

Jadi, untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan tidur, pastikan untuk mencuci dan mengganti sprei serta sarung bantal sesuai dengan rekomendasi ahli. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*