Temuan Serbuk Putih di Gedung Putih Jelang Hari Kemerdekaan AS, Ternyata Kokain

Kokain Gedung Putih
Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS) (S. Greg Panosian)
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DCAgen Secret Service yang tengah melakukan pemeriksaan rutin di kompleks Gedung Putih yang ada di Washington DC, Amerika Serikat (AS), menemukan serbuk putih misterius pada Minggu (2/7/2023) waktu setempat. Belakangan dirilis serbuk putih misterius yang membuat Gedung Putih kantor Presiden Joe Biden ditutup tersebut diketahui merupakan narkoba jenis kokain.

Temuan itu, cukup membuat terror menjelang perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat 4 Juli atau biasa disebut Fort of July.

Dilansir Reuters dan Associated Press, Rabu (5/7/2023), temuan serbuk putih di Gedung Putih ini baru diungkap ke publik pada Selasa (4/7) waktu setempat, oleh sejumlah sumber penegak hukum yang memahami situasi tersebut.

Dituturkan sumber yang dikutip Reuters bahwa serbuk putih itu ditemukan di area West Wing pada kompleks Gedung Putih.

Presiden Joe Biden sendiri sedang tidak berada di Gedung Putih saat serbuk putih misterius itu ditemukan pada Minggu (2/7) malam waktu setempat. Biden dan keluarganya diketahui sedang berada di Camp David, Maryland, saat insiden itu terjadi. Biden baru kembali ke Gedung Putih pada Selasa (4/7) pagi waktu setempat.

West Wing merupakan area yang melekat pada tempat tinggal eksekutif yang ditempati oleh Biden. Terdapat Oval Office, ruang kabinet dan area pers, serta kantor dan ruang kerja untuk staf kepresidenan pada area West Wing. Ratusan orang diketahui bekerja atau keluar-masuk di area West Wing setiap harinya.

Baca Juga: Presiden Prancis Emmanuel Macron Mengancam Mematikan Jejaring Media Sosial Jika Situasi Memburuk

Pihak Secret Service mengonfirmasi temuan ‘benda tak dikenal’ di West Wing dalam pernyataan via email pada Selasa (4/7) waktu setempat. Disebutkan juru bicara Secret Service bahwa temuan itu terjadi di ruang kerja West Wing dan sempat memicu penutupan sementara terhadap kompleks Gedung Putih.

Penutupan disebut dilakukan sebagai upaya pencegahan dan akan dilakukan penyelidikan oleh Divisi Berseragam Secret Service.

“Pada Minggu malam, kompleks Gedung Putih ditutup sebagai pencegahan karena petugas dari Divisi Berseragam Secret Service menyelidiki benda tak dikenal yang ditemukan di dalam area kerja,” jelas juru bicara Secret Service dalam pernyataannya.

Sementara sumber kedua yang memahami situasi itu menuturkan bahwa serbuk putih itu ditemukan saat agen Secret Service melakukan pemeriksaan rutin di area West Wing.

Serbuk Putih Ternyata Kokain

Kompleks Gedung Putih dievakuasi sementara pada Minggu (2/7) malam, sekitar pukul 20.45 waktu setempat, ketika para petugas dari Departemen Pemadam Kebakaran Distrik Kolumbia dipanggil ke lokasi untuk memeriksa serbuk putih itu.

Rapid test dilakukan oleh petugas Departemen Pemadam Kebakaran terhadap serbuk putih itu, yang kemudian ditetapkan sebagai zat tidak berbahaya.

Gedung Putih lantas segera dibuka kembali dan serbuk putih itu dikirimkan kepada otoritas berwenang untuk diperiksa lebih lanjut.

Serbuk putih ini dinyatakan sebagai senyawa narkoba jenis kokain, ujar sejumlah sumber kepada dua kantor berita pada Selasa (05/07).

Sumber ini secara terpisah kepada kantor berita Associated Press dan Reuters mengatakan, hasil pemeriksaan awal menyimpulkan bahwa zat yang ditemukan di bagian Sayap Barat Gedung Putih ini adalah kokain.

Juru Bicara Secret Service (Pasukan Pengaman Presiden) AS Anthony Guglielmi tidak mengkonfirmasi temuan ini adalah narkoba. Namun kepada harian Washington Post dia mengatakan, zat ini tengah didalami lebih lanjut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*