Ketua DPR RI Puan Maharani Soroti Kurang Optimalnya Pelayanan Jemaah Haji Lansia

Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Dok/Man
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti sejumlah hal yang terjadi dalam ibadah haji 2023, salah satunya adalah kurang optimal pelayanan bagi jemaah lansia Indonesia. Menurutnya, lansia seharusnya mendapat perhatian lebih.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) per 23 Maret, ada hampir 70 ribu jemaah haji lansia yang diberangkatkan tahun ini.

“Apalagi haji kali ini banyak lansia. Selain petugas harus diperbanyak, treatment khusus perlu lebih diperhatikan,” kata Puan Maharani dalam keterangannya Jumat (30/6/2023).

Ia menilai penambahan akomodasi dan fasilitas tambahan bagi lansia dan juga penyandang disabilitas diperlukan untuk ibadah haji tahun mendatang.

Puan mengakui ada kendaraan untuk lansia dan penyandang disabilitas, tapi belum optimal. Menurutnya, banyak pendamping haji yang menggendong jemaah lansia dan penyandang disabilitas akibat minimnya armada transportasi.

Baca Juga: Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia Capai 220 Orang

“Ini juga menjadi poin penting untuk evaluasi Pemerintah, karena tidak semua jemaah kita dalam keadaan sehat,

Selain fasilitas bagi lansia, politikus PDI Perjuangan itu juga menyoroti pelayanan secara keseluruhan bagi jemaah haji Indonesia, seperti tenda yang kelebihan kapasitas hingga sulitnya toilet bagi jemaah perempuan.

“Hal-hal tersebut yang kadang luput dari perhatian kita, tapi malah krusial bagi jemaah haji. Kami harap ini jadi catatan bagi pengelola penyelenggara haji, yang pada tahun depan harus bisa dicarikan solusi demi kenyamanan dan keamanan bagi jemaah,” ucapnya.

Puan juga minta pemerintah bisa memperhatikan kualitas pendampingan dari petugas haji, terutama bagi lansia. Ia mewanti pendamping dari Arab Saudi supaya jemaah Indonesia tak terlantar.

“Harus ada evaluasi pada bagian pendamping haji, karena faktor jemaah lansia yang harus mendapatkan pendampingan penuh,” sebut Puan.

“Jangan sampai ada jemaah haji yang terlantar karena kurangnya jumlah pendamping haji yang berdampak pada pelayanan,” kata Puan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*