Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO Memutus Kontrak dengan SM Entertainment

CBX EXO
CBX EXO
Mari berbagi

JoSS, Seoul – Pembuka Juni yang mengejutkan bagi penggemar EXO , sebab berita bahwa 3 anggota grup kesayangan mereka yaitu Baekhyun, Xiumin, dan Chen memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak eksklusif dengan SM Entertainment.

 

Lewat pengacara mereka, Lee Jae Hak dari firma hukum Lin, ketiga member Chen, Baekhyun dan Xiumin EXO yang juga sempat debut sebagai EXO CBX pada Agustus 2016 ini merasa keberatan dengan kontrak tersebut.

 

Lebih jelas dilanjutkan, mereka menyampaikan bahwa SM Entertainment yang pada awalnya cukup memberatkan dengan meminta artis untuk menandatangani kontrak yang berlaku selama 12-13 tahun, kini memperpanjang waktu kontrak hingga 17-18 tahun.

 

Lee Jae Hak sebagai perwakilan hukum trio CBX ini mengatakan kepada Yonhap News, “Kontak ini merupakan bentuk dari kekerasan relasi kuasa yang dilakukan SM kepada artis-artis naungan mereka.”

 

Bahkan kontrak 12-13 tahun yang dimiliki SM dinilai bertentangan dengan standar kontrak eksklusif yang diberikan oleh pemerintah melalui Fair Trade Commission untuk melindungi artis agensi.

Baca Juga: BTS RM Resmi Menjadi Duta Kementerian Pertahanan dalam Project Ekskavasi Peninggalan Perang Korea

Biasanya, artis sudah memiliki hak kuasa untuk keputusan lanjut atau tidaknya kontrak eksklusif mereka setiap 7 tahun. Namun SM Entertainment tidak memperlakukan metode seperti itu untuk artis-artisnya.

 

Tak hanya itu, Lee Jae Hak juga menyampaikan keberatan yang dirasakan para member terkait transparansi pembayaran gaji selama masa kontrak yang belum diberikan oleh pihak agensi setelah permohonan sebanyak 7 kali dalam satu tahun terakhir.

 

Tak heran, berita ini membuat para penggemar merasa cemas dan sedih akan masa depan karir para anggota. Namun ketiga anggota EXO tersebut telah berjanji untuk mencari solusi terbaik untuk kedua belah pihak agar tidak ada keributan lainnya.

 

Di sisi lain, pihak SM Entertainment menyampaikan permasalahan salinan bukti pembayaran yang dikhawatirkan akan terjadi kebocoran ke pihak ketiga, mengingat dokumen tersebut adalah barang resmi perusahaan yang dilindungi privasinya.

 

Agensi juga membantah tudingan “Outside Force” dimana ada bujukan kepada para artis untuk menandatangani kontrak double yang baru. Bahkan agensi mengatakan akan menindaklanjuti tudingan tak berdasar dengan aksi hukum.

 

Menyusul kabar ini, saham SM Entertainment langsung melemah hingga 101.800 Won. Di antara rasa geram, para penggemar mengharapkan keputusan adil dan terbaik yang memihak kepada artis setelah kerja keras mereka selama belasan tahun.(djs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*