Lagi Musim Batuk Flu, Atasi Dengan Bahan Alami Yang Ada Di Rumah

Lagi Musim Batuk Flu, Atasi Dengan Bahan Alami Yang Ada Di Rumah
obat alami jahe (hellosehat.com)
Mari berbagi

MUSIM pancaroba atau pergantian musim kemarau ditandai dengan cuaca yang terik di siang hari dan suhu dingin di malam hari. Jika kondisi tidak sedang fit, tubuh kita rentan dengan virus flu yang biasanya dibarengi dengan batuk, baik batuk kering maupun berdahak.

Jika tidak bisa ke apotik untuk membeli obat batuk, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Tak perlu diragukan lagi, bahan-bahan alami ini memiliki khasiat yang manjur dan tanpa efek samping.

Batuk berdahak adalah kondisi paru-paru mengalami infeksi karena virus sehingga memproduksi dahak terlalu banyak. Kerap kali, orang harus mengonsumsi obat batuk berdahak untuk meredakannya.

Dikutip dari Medical News Today, batuk memiliki peran bagi tubuh yaitu untuk membersihkan iritasi dan infeksi dari tubuh. Namun batuk yang terjadi secara terus-menerus hingga mengganggu aktivitas harus segera ditangani.

Penanganan batuk berdahak ternyata dapat dilakukan secara mandiri di rumah, jika dirasa batuk tersebut belum begitu parah. Berikut beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menjadi obat batuk berdahak.

Beberapa obat batuk berdahak alami yang bisa disiapkan sendiri adalah sebagai berikut:

1. Air Hangat

Tetap terhidrasi sangat penting bagi mereka yang sedang mengalami batuk dan pilek. Sebuah riset menunjukkan bahwa minum air pada suhu kamar dapat meredaka batuk, pilek, dan bersin.

Namun, beberapa orang merasa lebih banyak mengambil manfaat jika air yang mereka minum memiliki suhu lebih panas. Studi mengungkapkan bahwa minuman panas dapat mengurangi lebih banyak gejala, seperti sakit tenggorokan, kedingingan, dan kelelahan.

2. Madu

Pada penelitian tahun 2021, para peneliti menemukan bahwa madu dapat memberikan efek yang baik dalam pengobatan batuk pada infeksi saluran pernapasan atas. Tak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa madu dapat berperan sebagai antibiotik dalam mengobati batuk.

Seseorang bisa mengonsumsi madu dengan langsung menyedokkan madu ke dalam mulutnya, atau dicampurkan dengan minuman lain, seperti teh hangat dan teh herbal.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat meredakan batuk karena memiliki sifat anti-inflamasi. Tak hanya dapat meredakan batuk, jahe juga dipercaya dapat menghilangkan rasa mual.

Sebuah penelitian tahun 2015 pada 10 produk alami berbeda yang digunakan dalam obat-obatan tradisional di Asia, termasuk jahe. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa jahe telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional dalam menangani batuk selama beberapa tahun lalu.

Seseorang bisa mengonsumsi jahe dengan cara dicampurkan ke dalam teh. Namun, perlu diingat bahwa beberapa orang akan mengalami sakit perut atau mulas setelah mengonsumsi teh jahe.

Baca juga: 5 Makanan Ini Mengandung Serotonin yang Bisa Bikin Bahagia

4. Air Garam

Air garam adalah cara sederhana yang bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak dan sakit tenggorokan. Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan, sehingga dapat mengurangi gejala batuk berdahak.

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan hingga dingin sebelum digunakan untuk berkumur.

Tahan campuran tersebut di bagian tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahkan. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali dalam sehari hingga batuk membaik.

5. Nanas

Nanas mengandung suatu enzim yang disebut dengan bromelin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antimukolitik. Hal itu membuat nanas cocok digunakan sebagai obat batuk berdahak karena kedua sifat tersebut dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Memakan nanas langsung atau membuat jus nanas dapat dilakukan, namun mungkin tidak cukup untuk mendapatkan bromelin yang banyak. Suplemen bromelin telah tersedia dan bisa menjadi obat batuk berdahak yang efektif.

Sebelum meminum suplemen tersebut, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu karena beberapa orang mungkin alergi terhadap bromelin. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*