Tanggapi Permintaan Zelensky, Putin Segera Utus Perwakilan

Kolase, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky - Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: rt.com)
Mari berbagi

JoSS, RUSIA – Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan siap mengirim perwakilan negara mereka ke Ibu Kota Belarus, Minsk, untuk berdialog dengan Ukraina sesuai permintaan Presiden Volodymyr Zelensky guna menghentikan perang.

“Melanjutkan permintaan Zelensky untuk membicarakan status netral Ukraina, (Presiden Rusia Vladimir) Putin akan mengirim perwakilan dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, dan pemerintahannya untuk bernegosiasi dengan delegasi Ukraina,” ujar juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Peskov menyatakan kesiapan ini menanggapi permintaan Zelensky yang mendesak perundingan dengan Rusia untuk menghentikan perang.

“Saya ingin berbicara dengan Presiden Federasi Rusia sekali lagi. Ada pertempuran di seluruh Ukraina saat ini. Mari duduk di meja negosiasi untuk menghentikan kematian lebih banyak orang,” kata Zelensky dalam pesan video, Jumat (25/2/2022).

Zelensky melontarkan pernyataan ini ketika pasukan Rusia terus mendekat ke Ibu Kota Ukraina, Kiev. Pergerakan pasukan ini menimbulkan kekhawatiran Rusia bisa menduduki Kiev di hari kedua invasi ini.

AFP melaporkan bahwa pasukan Rusia mulai bergerak ke arah Kiev melalui Belarus pada Jumat pagi. Ukraina melakukan berbagai cara untuk menghalau Rusia, termasuk meledakkan jembatan menuju Kiev.

Perang ini sendiri berkecamuk setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, resmi memerintahkan operasi militer di Donbas, wilayah di timur Ukraina yang dikuasai separatis pro-Moskow, pada Kamis (24/2/2022).

Namun kemudian, Ukraina melaporkan bahwa mereka diserang dari tiga sisi, yaitu Belarus di utara, perbatasan dengan Rusia di timur, dan Crimea di selatan. Ledakan terjadi di sana-sini. Rusia juga terus membombardir Ukraina dengan serangan rudal.

Rusia mengklaim, mereka hanya menargetkan instalasi militer Ukraina. Namun, Zelensky mengatakan bahwa Rusia juga menyerbu area-area sipil.

Berdasarkan catatan pemerintah setempat, setidaknya 137 orang tewas akibat gempuran Rusia sepanjang hari pertama invasi pada Kamis.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina, WNI Diminta Berkumpul di KBRI Kyiv

Sementara menanti jawaban Putin, Zelensky kembali mendesak sanksi internasional kepada Rusia. Ia memohon negara-negara dunia agar menjatuhkan sanksi lebih berat.

“Yang diharapkan dari negara-negara Eropa, penghapusan visa untuk Rusia, pemutusan SWIFT, isolasi Rusia secara penuh, penarikan duta besar, embargo minyak, menutup wilayah udara, ini semua harus dibahas hari ini,” katanya.

Tak hanya itu, Zelensky juga membujuk warga Rusia untuk mendesak pemerintah negaranya menghentikan perang di Ukraina. “Pergi, keluarlah ke lapangan. Minta perang ini diakhiri. Itu adalah hak Anda. Saat bom jatuh di Kiev, ini terjadi di Eropa dan tak hanya di Ukraina. Saat rudal membunuh warga kami, itu membunuh semua orang, semua orang Eropa,” tutur Zelensky.

“Desak pemerintah Anda untuk memberikan lebih banyak bantuan finansial dan militer ke Ukraina karena ini pertolongan untuk Anda untuk Eropa. Ini bukan hanya invasi Rusia di Ukraina. Ini merupakan dimulainya perang di Eropa.”

Zelensky melontarkan pernyataan ini ketika pasukan Rusia terus mendekat ke Ibu Kota Ukraina, Kiev. Pergerakan pasukan ini menimbulkan kekhawatiran Rusia bisa menduduki Kiev di hari kedua invasi ini.

Sementara itu, Rusia mengklaim berhasil merebut lapangan terbang Hostomel yang terletak di barat daya Kiev, pada Jumat (25/2). Ibu kota Ukraina itu pun kian terkepung dari tiga sisi.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa dengan perebutan lapangan terbang ini, pasukan mereka berhasil memblokir akses Kiev dari barat.

Sementara itu, kekuatan separatis di timur Ukraina juga terus menggempur militer negara itu dengan bantuan dari pasukan Rusia. Jika benar, maka Rusia sudah mengepung ibu kota Ukraina dari barat, utara, dan timur laut.

AFP melaporkan bahwa pasukan Rusia mulai bergerak ke arah Kiev melalui Belarus pada Jumat pagi. Ukraina melakukan berbagai cara untuk menghalau Rusia, termasuk meledakkan jembatan menuju Kiev.

Berdasarkan catatan pemerintah setempat, setidaknya 137 orang tewas akibat gempuran Rusia sepanjang hari pertama invasi pada Kamis. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*