Masih Jadi Sengketa, Pemkot Solo Akan Pertahankan Lahan Sriwedari Sebagai Ruang Publik

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan pihaknya akan mempertahankan kawasan lahan Sriwedari sebagai ruang publik, sehingga bisa diakses oleh banyak orang.

“Pokoknya kami berproses dulu sesuai dengan aturan yang ada,” katanya, sebagaimana dilansir dari Antara.

Seperti diketahui, lahan Sriwedari yang berada di ruas Jalan Slamet Riyadi hingga saat ini masih menjadi sengketa antara Pemerintah Kota Surakarta dengan ahli waris Wiryodiningrat.

Sebagai tindak lanjut dari kondisi tersebut, pada Senin (22/11/2021) Pemkot Surakarta menyelenggarakan diskusi yang melibatkan sejumlah tokoh, di antaranya Wali Kota Surakarta periode 2012-2015 dan 2016-2021 FX Hadi Rudyatmo dan akademisi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta M Jamin.

Mengenai adanya masukan agar Presiden Joko Widodo ikut turun tangan menyelesaikan sengketa lahan Sriwedari tersebut, Gibran mengatakan sejauh ini masih akan diselesaikan oleh pemda.

“Kami selesaikan sendiri saja, tetapi kemarin masukannya bagus-bagus. Yang jelas segera kami sentuh lagi, tetap dipertahankan sebagai ruang publik untuk warga, jadi untuk kegiatan warga nggak masalah,” katanya.

Baca juga: Pelajar di Solo Dilarang Nongkrong dan Main Game Online Sepulang Sekolah

Salah satu titik yang segera diperbaiki, yakni wilayah Segaran. Taman Segaran Sriwedari Solo adalah kolam yang dulu menjadi tempat rekreasi Raja Keraton Solo.

Menyinggung kasus sengketa tersebut, Wali Kota Gibran enggan memberikan banyak keterangan. “Proses sengketa selesainya kapan? Sesuai masukan kemarin saja,” katanya.

Sebelumnya, mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan sengketa tersebut, yakni Presiden Joko Widodo turun tangan menangani persoalan ini.

“Saran saya hanya satu, kepala negara (Presiden Jokowi) harus ikut campur dalam urusan Sriwedari, bahwa kepala negara memutuskan tanah ini milik negara, bukan milik siapa-siapa (individu),” kata pria yang akrab disapa Rudi ini.

Ia juga berharap agar Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) untuk menyelamatkan tanah yang berada di Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jantung Kota Solo. “Yang penting menyelamatkan aset ini jangan sampai hilang,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*