Lava Erupsi Gunung Cumbre Vieja di Spanyol Melanda Pemukiman, 5.000 Warga Dievakuasi

lava Gunung Cumbre Vieja menerjang permukiman Pulau Canary di Spanyol (Foto: thesun.co.uk)
Mari berbagi

JoSS, MADRID – Otoritas Pulau Canary, La Palma, Spanyol berhasil mengevakuasi ribuan warga seiring dengan makin ganasnya lava dari gunung berapi Cumbre Vieja yang meletus di sana.

Dikutip dari kantor berita Reuters, ada 5000 warga yang berhasil diungsikan saat lava mulai menerjang permukiman Pulau Canary.

“Aliran lava telah menelan 20 rumah dan jalanan di desa El Paso,” ujar Wali Kota Sergio Rodriguez, Senin, 20 September 2021.

Aliran lava tersebut, lanjut Rodriguez, belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Ia berkata, lava mulai menyebar via desa Los Llanos de Aridane di mana ratusan rumah terancam ikut ditelan lava. “Kami terus memantau arah pergerakan lava,” ujar Rodriguez menambahkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, gunung berapi yang selama 50 tahun tidak aktif, Cumbre Vieja di Pulau Canary, La Palma mendadak erupsi dan  menyemburkan lava hingga ratusan meter ke udara. Lava tersebut kemudian menghujani Pulau Canary sebelum membanjiri kawasan permukiman di sana.

Baca juga: Setelah Setengah Abad Tidur, Gunung Cumbre Vieja Meletus 1.000 Warga Dievakuasi

Sebanyak 5000 warga yang dievakuasi berasal dari empat desa yang terancam dilahap lava. El Paso dan Los Llanos de Aridane adalah dua di antaranya. Otoritas setempat belum berencana melakukan evakuasi lagi karena lava diprediksi akan mengarah ke wilayah pesisir usai dari Los Llanos de Aridane.

“Lava akan mengarah ke wilayaha pesisir dan kerusakan yang dihasilkan akan berupa material. Menurut keterangan para ahli, bakal ada 17-20 juta kubik lava,” ujar Presiden Regional Pulau Canary, Angel Victor Torres.

Per berita ini ditulis, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa meletusnya gunung berapi di Pulau Canary.

Pulau Canary, La Palma dalam kondisi siaga beberapa pekan terakhir karena 22 ribu getaran dirasakan di Cumbre Vieja, salah satu bagian dari rangkaian gunung berapi Spanyol. Terakhir ada letusan gunung berapi, hal itu terjadi d tahun 1971. Satu orang tewas dalam peristiwa tersebut ketika sibuk mengambil foto di dekat aliran lava.

PM Spanyol Pedro Sanchez memastikan bahwa ada cukup sumber daya untuk menangani situasi di Pulau Canary sehingga warga setempat tak perlu khawatir. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*