Mulai 16-22 Juli Seluruh Exit Tol di Jateng Ditutup, Kecuali Untuk Transportasi Obat dan Logistik 

Ilustrasi (Foto: fin.co.id)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Seluruh exit tol yang berjumlah 27 titik ada di Jawa Tengah bakal ditutup mulai 16-22 Juli 2021 mendatang. Kendaraan yang sudah masuk tol tidak bisa keluar di Jawa Tengah.

Penyekatan pembatasan lalu lintas dari dan ke luar provinsi ini guna menkan laju penyebaran Covid-19 yang masih tinggi.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menjelaskan ada 27 exit tol mulai dari Brebes hingga Sragen yang akan ditutup sampai tanggal 22 Juli 2021.

“Hasil kordinasi dengan forkopimda Jawa Tengah, seluruh akses masuk Jawa Tengah ditutup termasuk exit tol di 27 pintu exit tol akan kita tutup total mulai hari Jumat tanggal 16 sampai dengan tanggal 22,” kata Iqbal, seperti dilansir dari detikcom, Selasa (13/7/2021).

Dengan penutupan exit tol tersebut, kendaraan dari Jakarta yang sudah masuk tol tidak bisa keluar di wilayah Jawa Tengah. Begitu pula kendaraan yang masuk dari Jawa Timur. “Dari Brebes hingga Sragen ditutup. Jadi yang dari Jakarta tidak bisa ke Jateng, dari Jatim juga tidak bisa ke Jateng,” tegasnya.

Ia mengimbau masyarakat agar di rumah saja sehingga bisa menekan penularan virus Corona. “Kami imbau untuk masyarakat agar tetap di rumah saja. Ini penting karena untuk menyelamatkan seluruh warga dari bahaya virus corona,” tutup Iqbal.

Baca juga: Laju Infeksi Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Siapkan Skenario PPKM Diperpanjang Hingga 6 Pekan

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo  mengungkap adanya pengecualian selama penutupan dan pengetatan penyekatan itu. “Mengurangi saja, karena masih ada yang (boleh) lewat. Kan untuk transportasi masih boleh lewat berkaitan dengan obat, makanan dan logistik masih boleh,” kata Ganjar di kantornya, Selasa (13/7/2021).

Kendaraan yang masuk dengan memenuhi beberapa syarat ketat juga masih diperbolehkan masuk, namun ia menegaskan tujuan penyelatan tersebut agar warga mengurangi mobilitas.

“Harus pakai syarat itu, intinya sebenarnya kita kurangi. Sebenarnya saya tidak suka bicara ini kok menjadi restriktif sekali. Faktanya begini, peningkatan (kasus Corona) kok masih tinggi, faktanya varian kita sudah tahu delta, faktanya orang kok masih cuek gitu, padahal kalau kita tau ngurus oksigen saja sudah kayak begini,” tegas GAnjar.

Terkait penutupan akses ke Jawa Tengah, Ganjar mempercayakan kepada Polda Jawa Tengah untuk teknisnya. Ia berharap penutupan tersebut tidak kemudian menjadikan kepadatan di titik lainnya.

“Saya minta perhitungan dua hal. Satu, kalau itu ditutup kira-kira mereka akan tidak berangkat, dia tetap stay, tidak pergi, atau tetap pergi. Kalau tetap pergi dia akan cari jalan lain. Maka kemarin Grobogan komplain, pak ini ditutup kemudian masuk ke tempat kami. Ini mesti diantisipasi sehingga kalau ditutup mereka lewat mana, mesti kita perhatikan,” ujar Ganjar.

Kedua, lanjut Ganjar, terkait pemadaman lampu jalan di beberapa daerah ia meminta kepolisian melengkapinya dengan patroli agar tidak menimbulkan celah tindak kejahatan.

“Kedua, akan ada tren mematikan lampu-lampu pada malam hari. Mungkin itu mengurangi pergerakan dan sebagainya. Dan beberapa tempat cukup mampu mendorong masyarakat untuk tidak pergi. Cuma saya minta perhatian untuk dikawal, ada yang jaga agar tidak terjadi kejahatan atau kecelakaan. Itu dua hal saya minta di kabupaten kota untuk menyiapkan segala sesuatunya,” jelasnya.  (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*