Tak Harus Mendaki, Begini Cara Menikmati Puncak Gunung Telomoyo

Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG – Menikmati puncak gunung akan lebih puas jika melakukan pendakian, namun untuk melakukan pendakian dibutuhkan fisik yang kua dan keahlian. Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian atau kemampuan untuk mendaki gunung, Gunung Telomoyo di Wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang ini menjadi pilihannya.

Untuk bisa menuju puncak Gunung Telomoyo, pengunjung bisa menggunakan dua jalur. Pertama melalui Kabupaten Magelang, tepatnya di Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak.

Kemudian yang kedua bisa melewati Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Pengunjung yang melalui Dalangan, begitu sampai diminta mengatur jarak, kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh. Setelah itu, disemprot dengan disinfektan baru membeli tiket masuk.

Jalurnya yang bisa dilewati oleh sepeda motor membuat Gunung Telomoyo ini memberikan pengalaman berbeda, khususnya bagi pengunjung yang tidak memiliki kemampuan atau pengalaman mendaki gunung. Namun untuk saat ini baru sepeda motor yang diperbolehkan masuk karena cukup membahayakan jika kendaraan roda empat berada di medan Gunung Telomoyo.

Bagi pengunjung yang datang menggunakan mobil bisa menyewa sepeda motor atau jip. Jalan menuju puncak Telomoyo sudah beraspal namun tetap ada ruas jalan yang berlubang, sekitar 2  km sehingga perlu kehati-hatian yang ekstra saat menempuh jalur menuju puncak Gunung Telomoyo

Baca juga: 9 Desa Wisata di Magelang Jadi Penopang Pariwisata Borobudur

Dari Dalangan menuju puncak Gunung Telomoyo ini akan menempuh jarak 6,5 km dan dibuka selama 24 jam. Saat sudah mencapai puncak Telomoyo, pengunjung dapat menikmati keindahan alam gunung-gunung lain, seperti Gunung Andong, Merbabu dan lainnya. Selain itu juga dapat melihat keindahan Rawa Pening dari kejauhan.

Dilansir Okezone.com, puncak Gunung Telomoyo ini menjadi salah satu spot yang tepat untuk melihat pemandangan matahari terbit (sunrise). Selain itu dari puncak Gunung Telomoyo ini juga dapat menikmati  pemandangan awan yang menggumpal dari atas puncak.

Salah satu pengunjung mengatakan bahwa tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Sebelumnya, tempat wisata ini sempat ditutup oleh Pemprov Jateng dikarenakan kerumunan besar yang menghiraukan protokol kesehatan di masa pandemi pada 19 Juli 2020 silam

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan tindakan tegas ini dilakukan setelah pihaknya melihat ada naravlog yang membuat video di puncak Gunung Telomoyo dengan nama “Negeri Di Atas Awan.” Dalam video itu terlihat ribuan wisatawan yang mendatangi lokasi yang ditakutkan bisa meningkatkan penularan virus pandemi Covid-19.

Oleh karena pembukaan wisata ini dianggap tidak berizin, maka Pemprov Jateng menutup sementara wisata puncak Gunung Telomoyo yang dibuka oleh Bupati Magelang pada 11 Juli 2020. Tempat ini kembali dibuka pada tanggal 25 Juli 2020 dan dibukanya tempat wisata ini setelah fasilitas protokol kesehatan dipenuhi.

Untuk memasuki area ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk Rp10.000 per orang. Sedangkan sewa jip senilai Rp300.000untuk menghantar pengunjung dari Dalangan hingga puncak dan sebaliknya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*