Pemimpin Junta Militer Myanmar Sebut San Suu Kyi Sehat dan Sudah Berada Di Rumahnya

Kolase, Panglima Militer Myanmar Min Aung Hlaing - Aung San Suu Kyi (Foto: voanews.com/net)
Mari berbagi

JoSS, MYANMAR – Panglima Militer Myanmar Min Aung Hlaing mengungkap kondisi kesehatan Aung San Suu Kyi dalam keadaan sehat dan saat ini sudah berada di rumahnya.

Hal itu diungkap Aung Hlaing dalam wawancaranya yang pertama kali kepada media sejak menggulingkan Suu Kyi pemimpin de facto di Myanmar dari kekuasaan pada 1 Februari 2021 lalu.

“Daw Aung San Suu Kyi dalam kondisi sehat. Dia sekarang berada di rumahnya dan baik-baik saja. Dia akan menghadapi persidangan dalam beberapa hari ke depan,” kata Aung Hlaing dalam wawancara dengan Phoenix Television, sebuah media berbahasa mandarin di Hong Kong, yang ditayangkan pada Sabtu (22/5/2021).

Suu Kyi adalah satu dari sekitar 4 ribu orang yang ditahan sejak terjadi pengambil alihan kekuasaan. Suu Kyi menghadapi tuduhan telah mengimpor secara ilegal radio panggil walkie-talkie, dimana hal ini melanggar undang-undang rahasia negara di Myanmar.

Sementara itu, pada Suu Kyi muncul di pengadilan Ibu Kota Naypyidaw, pada Senin (24/5/2021) setelah berbulan-bulan ditahan oleh junta militer. Sejauh ini dia hanya muncul lewat video dan belum diperbolehkan bicara dengan tim pengacaranya. Terkait larangan itu, pemerintah militer Junta beralasan itu demi keamanan Suu Kyi.

Baca juga: Belum Laksanakan Hasil KTT ASEAN, Junta Militer Myanmar Bubarkan Partai San Suu Kyi

Dikutip dari kantor berita Reuters, Suu Kyi dihadirkan ke pengadilan agar ia bisa bertemu dengan tim kuasa hukumnya. Selama ini, Suu Kyi berkomunikasi secara jarak jauh dengan pengacaranya.

Salah satu kuasa hukum Aung San Suu Kyi, Khin Maung Zaw, mengatakan kliennya menyampaikan sejumlah hal di pengadilan. Salah satunya adalah keluhan soal dirinya tak mendapat akses ke media apapun.

Padahal, kata Khin Maung Zaw, hal itu dibutuhkan Suu Kyi untuk mengetahui kondisi terakhir Myanmar pasca kudeta.

Selain keluhan, hal lain yang disampaikan Aung San Suu Kyi adalah pesan untuk pengurus Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) dan para pendukungnya. Khin Maung Zaw berkata, Suu Kyi berharap para pengurus partai dan pendukungnya diberi kesehatan serta tidak menyerah meskipun santer kabar NLD akan dibubarkan.

“Ia berharap orang-orang selalu diberi kesehatan. Selain itu, ia mengatakan bahwa partai terbentuk oleh sokongan pendukung. Jadi, selama dukungan ada, NLD tidak akan pernah benar-benar hilang menurut dia,” ujar Khin Maung Zaw, menyampaikan pesan Aung San Suu Kyi, seperti dilansir dari tempo.co.

Khin Maung Zaw melanjutkan, Suu Kyi juga bercerita soal kondisinya selama masa penahanan. Salah satunya adalah soal dirinya kerap didatangi oleh pejabat junta Myanmar. Para pejabat itu, menurut pengakuan Suu Kyi, kerap meminta masukan soal bagaimana mengendalikan krisis di Myanmar.

Suu Kyi, kata Khin Maung Zaw, berkali-kali menolak permintaan itu karena dirinya tidak mengetahui kondisi Myanmar sesungguhnya. Apalagi, segala informasi datang secara sepihak dari junta Myanmar sehingga keakurasiannya diragukan.  (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*