Asia Tenggara Alami Gelombang Covid-19, Laos Melonjak 22.000%

Ilustrasi
Mari berbagi

JoSS, LAOS – Sejumlah negara di Asia Tenggara kini tengah berjuang menanggulangi gelombang penularan virus Corona. Jika sebelumnya India mengalami tsunami Covid-19 dengan jumlah penularan 300.000 lebih per hari, Laos bahkan mengalami lonjakan sebesar 22.000% dalam sebulan terakhir.

Beberapa negara berkembang seperti Laos hingga Thailand di Asia Tenggara dan negara-negara yang berbatasan dengan India seperti Bhutan dan Nepal, melaporkan lonjakan kasus infeksi yang cukup signifikan dalam beberapa minggu terakhir.

Sebagaimana ditulis oleh Bloomberg, peningkatan kasus infeksi terjadi karena munculnya varian virus corona yang lebih menular. Namun tidak hanya itu, faktor rasa puas diri dan kurangnya sumber daya untuk menekan penyebaran penyakit juga disebut sebagai kunci penyebaran virus yang masif.

“Sangat penting untuk menyadari bahwa situasi di India dapat terjadi di mana saja. Ini masih merupakan tantangan besar,” kata Hans Kluge, direktur regional di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa, dalam pengarahan minggu lalu.

Diurutkan berdasarkan perubahan infeksi baru yang tercatat dalam sebulan terakhir dibandingkan bulan sebelumnya, Laos berada di urutan pertama dengan peningkatan 22.000%, diikuti oleh Nepal dan Thailand. Kedua negara mengalami beban kasus baru yang meroket lebih dari 1.000% dalam sebulan.

Baca juga: Inggris Gelar Eksperimen Penularan Covid-19, 5.000 Orang Hadiri Konser Musik Tanpa Prokes

Selain itu, Bhutan, Trinidad dan Tobago, Suriname, Kamboja dan Fiji juga berada di daftar teratas setelah mengalami penambahan kasus hingga tiga digit dalam waktu singkat.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, di Laos minggu lalu, menteri kesehatan mencari peralatan medis, persediaan dan perawatan, karena kasus melonjak lebih dari 200 kali lipat dalam sebulan. Sementara rumah sakit di Nepal penuh dengan cepat hingga kehabisan pasokan oksigen.

Fasilitas kesehatan di Thailand kini berada di bawah tekanan, dimana 98% kasus baru berasal dari jenis patogen yang lebih menular, sementara beberapa negara pulau di Samudra Pasifik menghadapi gelombang Covid pertama mereka.

Meskipun tidak ada tempat yang dekat dengan populasi India atau gejolak dalam cakupannya,  lonjakan yang dilaporkan di beberapa negara ini jauh lebih curam, menandakan potensi bahaya dari penyebaran yang tidak terkendali.

Dikatakan kebangkitan kasus meningkatkan urgensi pengiriman pasokan vaksin ke negara-negara yang lebih miskin dan kurang berpengaruh dan mencegah pandemi yang berlarut-larut.

Menurut data Worldometers per Selasa (4/5/2021), Laos mencatat 966 kasus infeksi tanpa adanya kematian. Nepal mencatat 343.418 kasus infeksi dan 3.362 kematian. Sementara Thailand 71.025 kasus infeksi dan 276 kematian. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*