Waspada! Covid-19 Varian B1617 dari India Sudah Menginfeksi 10 Orang di Indonesia

Ilustrasi (Foto: cnnindonesia.com)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa setidaknya 10 orang di Indonesia telah terinfeksi virus Corona dengan varian baru seperti yang menyebar cepat di India. Covid-19 varian B1617 dari India ini dilaporkan lebih ganas dan lebih cepat menyebar.

Menkes menyebut enam orang di antaranya masuk dari luar negeri, sedangkan sisanya merupakan transmisi lokal.

“Ini [kasus dari transmisi lokal] harus kita jaga. Dua orang di Sumatra, satu di Jawa Barat dan satu di Kalimantan Selatan,” kata Menkes saat konferensi pers virtual, Senin (26/4/2021).

Menkes meminta tiga provinsi tersebut meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan varian baru. Pemda juga diminta untuk mengontrol terkait penyebaran varian baru tersebut.

Di sisi lain, pemerintah telah menangguhkan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas dari India. Pemerintah juga menolak masuk orang asing yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India.

“Untuk WNI [dari India] kita masih boleh masuk tetapi prokes kita perketat sehinggga mereka harus stay [karantina] 14 hari,” tuturnya, seperti dilansir dari Kabar24.

Pada kesempatan lain, Budi Gunadi menyebut varian baru Covid-19 sudah ditemukan sejak awal tahun di Indonesia. Akan penularan varian ini tidak lebih ganas dibandingkan yang terjadi di India.

Baca juga: Varian Covid-19 B117 dan N439K Terdeteksi di Indonesia, Begini Penjelasan Pakar

Meski begitu, pemerintah masih terus memantau perkembangan varian baru Covid-19 baik di dunia maupun di Tanah Air. Salah satu fokus kewaspadaan juga menyasar pada munculnya varian baru melalui transmisi lokal tersebut.

Di India, varian baru Corona menyebabkan angka kasus meningkat tajam. Data terbaru, kasus konfirmasi di negara itu bertambah sekitar 349.000 orang per hari. Kondisi ini menyebabkan tenaga kesehatan di negara itu kewalahan.

Menurut Menkes, kondisi di India disebabkan dua faktor. Pertama, munculnya mutasi baru B117 dan mutasi lokal B1617. Mutasi ini menimbulkan efek penularan berlangsung sangat cepat.

Kedua, kondisi melonjaknya kasus di sana disinyalir akibat mulai longgarnya penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat. Hal ini juga didorong oleh euforia warga setelah menerima vaksin.

Terkait hal ini, Guru Besar Universitas Indonesia Profesor Zubairi Djoerban memperingatkan virus Corona atu Covid-19 varian B1617 dari India bisa cepat menyebar. Hal itu diungkapkannya melalui akun Twitternya, @ProfesorZubairi, Senin (26/4/2021) 17.25 WIB.

Dia menanggapi pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dalam konferensi pers menyebut bahwa sepuluh orang telah terinfeksi varian baru dari India, kendati tidak memerinci lebih jauh jenis mutasi virus tersebut.

Namun, Zubairi yang juga menjabat Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pengurus Besar IDI (Satgas Covid-19 PB IDI), mengingatkan bahwa masuknya varian baru itu harus menjadi peringatan bagi masyarakat, terutama agar tidak melakukan mudik.

“Sepuluh orang didapati terinfeksi varian baru dari India. Apakah itu varian B1617? Menteri Budi Sadikin tidak merincinya. Yang jelas, situasi ini bukan waktunya bersantai, apalagi merencanakan mudik. Cara B1617 menyebar cepat ke seluruh India amat patut kita waspadai,” tulisnya di Twitter. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*