Kematian Akibat Covid-19 Capai 1.761 Orang/Hari, India Hadapi Krisis Kesehatan Terbesar

Seorang petugas kesehatan membantu pasien di fasilitas darurat Covid-19 di New Delhi (Foto: bloombergquint.com)
Mari berbagi

JoSS, NEW DELHI – Kementerian Kesehatan India melaporkan 259.170 kasus infeksi baru, rekor tertinggi di dunia. Selain itu, India juga mencatat rekor angka kematian harian terbesar di negara itu, yaitu mencapai 1.761 orang pada Selasa (20/4/2021).

Secara keseluruhan, India sudah melaporkan 15,32 juta kasus Covid-19 sejak pandemi melanda. Dengan angka ini, India menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat sebagai negara dengan kasusCovid-19 tertinggi di dunia.

Sebagaimana dilansir Reuters, negara dengan populasi terbesar kedua di dunia itu pun terjerumus dalam situasi darurat kesehatan publik terbesar.

Kamar-kamar rumah sakit dilaporkan penuh dengan laporan kekurangan obat di berbagai daerah, sementara pusat-pusat kremasi juga kewalahan melayani permintaan yang mendadak melonjak.

Para warga di salah satu negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh, pun meminta bantuan melalui berbagai jejaring sosial untuk mencarikan rumah sakit bagi anggota keluarga mereka yang terinfeksi Covid-19.

Pemerintah Ibu Kota India, New Delhi, pun memutuskan memberlakukan lockdown selama enam hari penuh mulai Senin (19/4).

India memang sudah sempat mengalami penurunan kasus Covid-19 pada Februari lalu. Namun kemudian, pemerintah melonggarkan aturan pergerakan selama pandemi.

Pemerintah bahkan mengizinkan gelaran festival keagamaan Kumbh Mela, di mana para pemeluk agama Hindu melakukan ritual mandi di sungai beramai-ramai.

Selain itu, kasus Covid-19 di India juga terus meningkat akibat sejumlah varian baru virus corona yang muncul.

Dilansir dari CNNIndonesia, sebagian besar pusat krematorium di Indoa dilaporkan terpaksa beroperasi melebihi kapasitas demi mengkremasi jenazah yang terus berdatangan setiap jam tepat waktu.

Kepulan asap terus menyeruak dari corong sebuah krematorium di negara bagian Gujarat, barat India, selama hampir 24 jam tanpa henti.

Baca juga: Dampak Ritual Kumbh Mela, Kasus Harian Covid-19 di India Tiga Kali Lipat Dari AS

Sebagian besar jenazah itu meninggal akibat menderita virus corona (Covid-19). Selama beberapa waktu terakhir, jumlah penularan dan kematian akibat corona di India memang terus melonjak signifikan.

Negara berpenduduk 1,3 miliar itu mencapai rekor tertinggi 261.500 kasus baru pada Minggu (18/4). Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, tiap pengetesan menunjukkan satu positif dari enam orang yang menjalani pengujian Covid-19.

Saat ini, India memiliki total 15,3 juta lebih kasus corona dengan 180 ribu kematian. “Kami bekerja sepanjang waktu dengan kapasitas 100 persen agar bisa mengkremasi jenazah tepat waktu,” kata pengurus salah satu krematorium di Kota Surat, Kamlesh Sailor, kepada Reuters.

Tak hanya pusat kremasi, sebagian rumah sakit juga kewalahan hingga kehabisan tempat untuk merawat pasien Covid-19. Beberapa rumah sakit sudah mengumumkan pasokan ventilator dan tabung oksigen habis hingga banyak rusak karena terus digunakan tanpa henti untuk merawat pasien corona yang datang dan pergi.

Petugas krematorium dan pemakaman menuturkan jumlah kremasi dan pemakanan jauh lebih banyak dibandingkan data kematian corona yang selama ini dirilis pemerintah.

Krematorium khusus jenazah Covid-19 terbesar di Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh, Baikunthdham, memaparkan pihaknya menerima jumlah jenazah untuk dikremasi dua kali lipat dari yang dilaporkan pemerintah dalam enam hari terakhir.

Jumlah itu pun belum termasuk jenazah pasien corona yang dimakamkan di tempat lain, seperti komunitas Muslim di India.

Sementara itu kepala krematorium lainnya di Uttar Pradesh, Azad menuturkan jumlah kremasi berdasarkan protokol corona memang telah meningkat lima kali lipat dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami bekerja siang dan malam. Insinerator beroperasi terus tetapi masih banyak jenazah yang harus menunggu untuk dikremasi,” kata Azad. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*