Bermula Dari Percikan Api di Unit Pasien Kritis, RS di India Terbakar Belasan Tewas

Seorang polisi memeriksa kamar yang terbakar di Rumah Sakit Vijay Vallabh di Virar, di pinggiran Mumbai (Foto: deccanherald.com)
Mari berbagi

JoSS, MUMBAI – India masih bertarung melawan gelombang Covid-19 ke dua yang melumpuhkan layanan kesehatan di negara itu, kabar duka kembali datang. Setidaknya 12 orang tewas akibat kebakaran di salah satu rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di India pada Jumat (23/4).

“Dua belas orang tewas akibat kebakaran ini berdasarkan informasi yang kami punya saat ini,” ujar seorang pejabat pemadam kebakaran, seperti dikutip Reuters.

Pejabat itu mengatakan bahwa kebakaran di Rumah Sakit Vijay Vallabh di pinggiran Mumbai itu bermula dari percikan api di unit perawatan pasien kritis. Hingga saat ini, pihak berwenang masih terus menghimpun informasi detail mengenai kebakaran tersebut.

Kebakaran ini terjadi di tengah lonjakan kasus Covid-19 di India. Perdana Menteri Narendra Modi pun menyatakan bahwa negaranya tergulung gelombang dua pandemi Covid-19.

Akibat lonjakan pasien, rumah sakit di India penuh. Fasilitas-fasilitas layanan kesehatan pun mengeluhkan kekurangan tempat tidur dan pasokan tabung oksigen.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan India, kasus Covid-19 di negara itu bertambah 314.835 dalam sehari pada Kamis (22/4).

Angka itu merupakan lonjakan kasus harian terbesar di dunia, mengalahkan rekor Amerika Serikat yang melaporkan 297.439 kasus pada Januari lalu.

Secara keseluruhan, India melaporkan total 15,9 juta kasus Covid-19 sejak pandemi merebak tahun lalu. Dari keseluruhan angka tersebut, India melaporkan total 185 kasus kematian.

Baca juga: Layanan Kesehatan di India Kolaps, Kasus Baru Lebih dari 300 Ribu Dengan 2 Ribu Kematian/Hari

Saat ini, pemerintah India untuk sementara melarang pasokan oksigen untuk industri karena persediaan untuk kebutuhan medis semakin menipis akibat lonjakan kasus infeksi Covid-19.

Dilansir CNN, Jumat (23/4/2021), Kementerian Dalam Negeri India menyatakan tidak akan melarang pengiriman oksigen antarnegara bagian asalkan hanya untuk keperluan medis.

Keputusan itu disampaikan Kemendagri India karena sejumlah negara bagian melarang pengiriman oksigen ke luar wilayah mereka, karena khawatir pasokan untuk pasien virus corona yang terus bertambah tidak mencukupi.

Menurut Menteri Besar Delhi, Arvind Kejriwal, mereka juga butuh pasokan oksigen dari wilayah lain karena tidak ada pabrik oksigen di wilayah itu. Mereka juga bergantung terhadap berbagai pemasok untuk memenuhi permintaan, termasuk di wilayah ibu kota negara.

Akibat pembatasan yang dilakukan pemerintah daerah lain mengakibatkan pasokan oksigen medis di Delhi terganggu. Kejriwal memohon kepada kepala daerah lain supaya bisa menghadapi lonjakan kasus infeksi bersama-sama.

Kelangkaan oksigen itu bukan cuma terjadi di Delhi, tetapi hampir merata di seluruh negara bagian di India.

Bahkan, sejumlah rumah sakit swasta ternama seperti Fortis sampai mencuit melalui Twitter meminta bantuan pemerintah pusat menjaga pasokan oksigen bagi pasien corona.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, pada Selasa lalu berjanji mengirim bantuan 100 ribu tabung oksigen ke seluruh wilayah.

Dia juga mendesak supaya produksi oksigen untuk kebutuhan medis ditambah dan proses pengirimannya diperbaiki.

Kasus infeksi corona di India terus melonjak hingga membuat tenaga kesehatan dan rumah sakit di negara itu nyaris keteteran menangani pasien. Kemarin mereka mencatat rekor dunia terkait penambahan kasus infeksi harian, yakni hingga lebih dari 300 ribu orang dalam sehari.

Lonjakan itu diduga akibat sikap penduduk yang mengabaikan protokol kesehatan, serta berkeras melakukan ritual keagamaan yang mengundang keramaian. Selain itu,  di India juga ditemukan jenis virus corona mutasi yang lebih cepat menular. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*