Pemerintah Akan Lakukan Preservasi 99,63 Kilometer Jalan Pada Jalur Pansela Jawa

Ilustrasi jalur pansela (Foto: net)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan preservasi jalan pada sebagian jalan pantai selatan Jawa sepanjang  99,63 kilometer atau 6,21 persen dari total panjang Jalur Pansela Jawa yang mencapai 1.604 kilometer.

“Kami terus promosikan jalur pansela Jawa supaya orang tertarik lewat selatan. Tidak hanya jalannya ayng bagus, [Jalur pansela Jawa] juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak objek wisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui siaran pers, Kamis (25/3/2021).

Di samping itu, Basuki menilai preservasi jalur pansela Jawa dapat memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian Selatan sehingga kesenjangan dengan pantai utara Jawa dapat berkurang.

Basuki menjelaskan program preservasi jalur pansela akan mendapatkan pendanaan oleh Islamic Development Bank melalui program Regional Road Developemnt Project (RRDP) pada Agustus 2019 – Februari 2013. IDB akan mengucurkan dana setidaknya Rp822,04 miliar dalam program RRDP Pansela Jawa.

Program preservasi tersebut akan dilakukan di tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Kegiatan preservasi yang dimaksud adalah pembangunan jalan baru, preservasi jalan atau kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi jalan dan jembatan serta pelebaran jalan menuju standar.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur meminta bupati dan walikota Blitar untuk mempercepat koordinasi dan detail perencanaan pengembangan kawasan Selingkar Wilis yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) yang tertuang dalam Perpres No.80 Tahun 2019.

Baca juga: Roatex Mulai Bangun Sistem Transaksi Tol Nirsentuh Berbasis MLFF

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan wilayah Kota Blitar dan Kabupaten Blitar masuk merupakan daerah yang masuk dalam pengembangan Selinkar Wilis bersama dengan Kabupaten Kediri, termasuk Tulungagung dan Trenggalek yang akan dilalui proyek jalur lintas selatan (JLS).

“Jadi saya ingin bupati dan wabup Blitar ini supaya bisa langsung membedah proyek-proyek masuk PSN ini, jenisnya apa, nilai investasinya berapa, lalu sumber pembiayaannya berapa karena ada yang dari PMO (provicial managemen office) pusat dan daerah. Ini semua memerlukan pembahasan bersama, berkelanjutan dan detail,” katanya belum lama ini, dilansir dari kabar24.

Dia menjelaskan dalam Perpres No.80 Tahun 2019 itu sendiri terdapat 44 item proyek yang masuk PSN di kawasan Selingkar Wilis dan JLS dengan total investasi mencapai Rp41,8 triliun.

Di wilayah Kabupaten Blitar terdapat sejumlah proyek seperti pelebaran jalan nasional Blitar – Tulungagung – Ngujang, serta perbaikan jalan nasional Brongkos Karangkates, pembangunan TPA Blitar, penataan kawasan geosite Pantai Klayar, Pantai Srau, dan Pantai Pancer Dorr.

Di wilayah Kota Blitar, terdapat proyek pengembangan kawasan wisata Makam Bung Karno, Perjuangan PETA, dan Kampung Kreatif di Kota Blitar. Pengembangan kawasan ini  akan mendapat pembiayaan dari APBN sekitar Rp66,7 miliar.

“Tentunya ini semua membutuhkan dukungan percepatan dari pemerintah daerah setempat,” imbuh Khofifah. Khofifah menambahkan Kabupaten Blitar juga memiliki potensi lain dari sektor peternakan/pertanian yakni dari komoditas ayam dan telur yang perlu menjadi perhatian pemda terutama dalam menjaga stabilitas harga agar para peternak bisa sejahtera. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*