Hadapi Mudik Lebaran, Ganjar Minta Sopir Angkutan Umum Jadi Prioritas Penerima Vaksin

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: jatengprov.go.id)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Pusat memrioritaskan para sopir sebagai penerima suntikan vaksin COVID-19 menjelang pelaksanaan mudik Lebaran 2021 yang telah mendapat izin.

“Yang jadi prioritas ya masyarakat, terutama pedagang pasar. Saya juga usulkan sopir diprioritaskan, karena pak Menhub bilang kemungkinan tahun ini boleh mudik. Saya kira kelompok yang tiap hari berhubungan dengan masyarakat itu yang harus dijadikan prioritas,” katanya, dilansir dari jatengprov.go.id.

Selain itu, Ganjar juga memastikan program vaksinasi di Jateng terus berjalan. “Ini tinggal nunggu saja, kalau vaksin sudah datang kita genjot lagi, mudah-mudahan seperti hitung-hitungan bersama pak Menteri Kesehatan dalam rapat kemarin kan, Mei bisa digaspol, biar lebih cepat,” ujarnya.

Terkait dengan vaksinasi tahap kedua bagi lansia dan pelayan publik di Jateng yang jumlahnya sekitar 5,3 juta, Ganjar mengatakan belum semuanya dapat terlaksana, sebab jatah vaksin yang ada belum bisa memenuhi.

“Belum semuanya, pelayan publik kan banyak sekali, semua masih berjalan, apalagi yang kategori guru, ini belum semuanya,” katanya.

Pemprov Jateng, lanjut Ganjar, juga masih menunggu kiriman vaksin dari Pemerintah Pusat untuk menyelesaikan target vaksinasi lansia serta pelayan publik itu.

“Sampai hari ini belum ada droping vaksin lagi, kemarin kita sudah komunikasi dengan pusat dan informasinya sebentar lagi dikirim,” ujarnya.

Baca juga: Catat! Sertifikat Vaksin Tidak Bisa Digunakan Sebagai Syarat Bepergian

Terkait pelaksanaan mudik Lebaran 2021, Ganjar meminta untuk dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat menyusul tidak adanya larangan dari pemerintah pusat terkait dengan tradisi masyarakat menjelang Idul Fitri.

“Jadi prosedurnya mesti diperketat, kalau tidak melakukan itu, menurut saya tidak boleh sehingga kita betul-betul harus menyiapkan itu dengan baik,” katanya di Semarang, Rabu.

Menurutnya, semua yang berkaitan dengan pelaksanaan mudik Lebaran harus diperhatikan seperti penataan sistem transportasi dan persyaratan prosedur protokol kesehatan.

Ia mencontohkan masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan umum wajib melakukan tes cepat antigen atau menggunakan GeNose C-19 sesuai aturan Kementerian Perhubungan yang mewajibkan penumpang kereta api dan pesawat.

“Semua harus diperhatikan nanti, berkaitan orang boleh mudik lebaran. Pertama sistem transportasi mesti ditata, kedua tentu terkait persyaratan-persyaratan prosedur protokol kesehatan benar-benar ketat,” ujarnya.

Meski diizinkan, katanya, pelaksanaan mudik tahun ini tidak boleh disamakan seperti mudik sebelum pandemi COVID-19 sehingga mudiknya harus benar-benar terbatas dan ketat.

“Kalau itu mau dilakukan, masih ada waktu untuk menyiapkan sehingga sarana prasarana transportasi umum itu pemerintah bisa menyiapkan lebih awak. Mereka yang akan mudik mesti dilakukan testing sejak awal dan harus benar-benar ketat,” katanya.

Ganjar juga meminta pemerintah menjaga seluruh pintu masuk ke daerah untuk mengantisipasi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Pengecekan dengan GeNose C-19, lanjut dia, bisa menjadi alat yang praktis karena bisa mendeteksi dalam waktu singkat.

“Kalau itu dilakukan, maka potensi melakukan mudik secara ketat dan terbatas itu bisa dilakukan. Kalau tidak, tentu kita tidak boleh mengambil risiko yang lebih berat,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*