Diguncang Gempa Bermagnitudo 7,3, Ahli Sebut PLTN Fukushima Jepang Dipastikan Aman

Tanah longsor yang disebabkan oleh gempa bumi yang kuat menutupi jalur sirkuit di kota Nihonmatsu, prefektur Fukushima, timur laut Jepang. (Foto: scmp.com)
Mari berbagi

JoSS, TOKYO – Tokyo Electric Power Company Holdings (TEPCO) mengumumkan tidak ada penyimpangan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima usai gempa bumi magnitudo 7,3 mengguncang wilayah itu.

Operator TEPCO menyebut pembangkit nuklir Daiichi dan Daini, atau di pembangkit nuklir Kahiwazaki-Kariwa, tidak melihat ada kejanggalan di fasilitas nuklir Onagawa. Mereka juga mencatat ada perubahan pada tingkat radiasi di sekitar pabrik.

Gempa melanda Fukushima hanya beberapa minggu sebelum peringatan 10 tahun gempa pada 11 Maret 2011 yang menghancurkan timur laut Jepang. Saat itu, gempa juga memicu tsunami besar yang menyebabkan krisis nuklir di pembangkit fasilitas Daiichi.

Itu adalah krisis nuklir terburuk di dunia dalam seperempat abad terakhir, setelah kasus kebocoran fasilitas nuklir Chernobyl di Rusia.

Sebelumnya, operator pembangkit nuklir Fukushima TEPCO mengatakan sedang memeriksa status fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir usai gempa magnitudo 7,3 mengguncang Fukushima, Jepang, Sabtu (13/1) malam.

Hal ini disampaikan perusahaan itu dalam cuitan di akun resmi, seperti dilaporkan AFP.

Fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir ini sempat meledak setelah gempa yang mengguncang kawasan itu pada 11 Maret 2011.

Saat itu, gempa menghancurkan bagian timur laut Jepang dan memicu tsunami besar. Gempa dan tsunami lantas mennyebabkan pemadaman listrik dan berpengaruh pada pembangkit nuklir di kawasan itu yang akhirnya meleleh akibat tak berfungsinya pendingin reaktor.

Berbeda dengan kejadian serupa tahun 2011 lalu, gempa berkekuatan magnitudo 7,3 yang mengguncang Fukushima Jepang kali ini tak menimbulkan tsunami.

Baca juga: PM Jepang Tetapkan Darurat Corona di Tokyo dan 3 Daerah

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono menjelaskan tsunami tak muncul karena pusat gempa (hiposenter) hanya berada dalam kedalaman yang berstatus intermediate atau menengah, yakni di kedalaman 54 kilometer. Diketahui, survei Geologi AS mencatat gempa di Fukushima berkekuatan 7,0 pada kedalaman 54 kilometer.

“Meskipun gempa ini berpusat di laut, tetapi karena kedalaman hiposenter-nya mendekati intermediate (menengah), yaitu sekitar 54 km, sehingga gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/2).

Daryono juga mengatakan bahwa guncangan gempa Fukushima sangat kuat hingga mencapai Kota Tokyo karena faktor magnitudo gempa yang cukup besar dengan titik gempa yang relatif “dalam”.

Gempa di Fukushima semalam berstatus rangkaian gempa susulan (aftershocks) dari gempa utama yang sempat terjadi pada tahun 2011 lalu. Bahkan, ia menjuluki gempa itu sebagai ‘gempa ulang tahun ke 10’ dari gempa yang terjadi di 2011 silam.

Diketahui, pada 11 Maret 2011 lalu Fukushima dihempas dengan gempa dahsyat magnitudo 9,0 yang memicu tsunami. Bencana itu telah menelan korban jiwa lebih dari 18.000 orang.

Gempa semalam, kata dia, seperti menuntaskan urusan yang belum selesai secara keseluruhan saat peristiwa gempa besar yang terjadi pada tahun 2011 di Fukushima.

“Setelah terjadi deformasi yang hebat di zona megathrust pada 11 maret 2011 tampaknya pada bagian slab lempeng yang menghunjam lebih dalam, masih menyimpan medan tegangan yang terakumulasi dan belum rilis sehingga baru dilepaskan dalam bentuk gempa besar tadi malam,” kata dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*