Jepang Gratiskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seluruh Warganya

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, TOKYO – Pemerintah Jepang bakal menggratiskan biaya vaksinasi bagi seluruh warganya. Hal itu berdasarkan Undang-undang terbaru yang telah dikeluarkan oleh Parlemen Jepang. Dalam peraturan tersebut pemberian vaksin Covid-19 dilakukan bagi seluruh warga negara dengan biaya yang ditanggung pemerintah pusat.

Kebijakan ini diambil seiring negara itu berjuang melawan jumlah kasus infeksi Corona harian yang mencapai rekor.

Dilansir AFP, Selasa (2/12/2020) RUU tersebut, yang menyatakan bahwa pemerintah akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang, telah disetujui oleh majelis tinggi parlemen, setelah disetujui di majelis rendah.

Negara ini telah mendapatkan vaksin COVID-19 untuk 60 juta orang dari raksasa farmasi Pfizer, dan untuk 25 juta orang lainnya dari perusahaan biotek Moderna. Selain itu, Jepang juga dipastikan akan menerima 120 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Pfizer dan Moderna sudah mengupayakan persetujuan penggunaan darurat di Amerika Serikat dan Eropa, setelah uji klinis menunjukkan bahwa vaksin mereka efektif.

Pengesahan RUU itu muncul dua minggu setelah Perdana Menteri Jepang mengatakan negara itu dalam “siaga maksimum” atas virus itu, dan ketika petugas medis memperingatkan bahwa rumah sakit bisa kewalahan.

Baca juga: Arab Saudi Gratiskan Vaksin Covid-19 Bagi 70 Persen Penduduk dan Warga Asing

Kasus Corona di Jepang relatif kecil secara keseluruhan, dengan sekitar 2.100 kematian dan 150.000 kasus infeksi, dan belum memberlakukan lockdown (penguncian) ketat yang terlihat di negara-negara lain.

Namun, Jepang sekarang menghadapi gelombang ketiga Corona, dengan melaporkan jumlah infeksi harian yang meningkat secara nasional dalam beberapa pekan terakhir.

Gubernur Tokyo telah mendesak penduduk untuk menghindari acara yang tidak penting dan meminta bisnis yang menyajikan alkohol untuk tutup lebih awal, meskipun tidak ada mekanisme penegakan hukum untuk rekomendasi ini.

Pemerintah pusat juga telah memutuskan untuk mengizinkan setiap daerah menghentikan kampanye pariwisata domestik yang kontroversial. Langkah itu dilakukan ketika gelombang baru infeksi virus telah mendorong daerah yang paling parah untuk menutup bar dan restoran lebih awal.

Perdana Menteri Yoshihide Suga diminta untuk menangguhkan sebagian program insentif perjalanan yang dimaksudkan untuk menopang ekonomi regional.

Adapun jumlah korban tewas di Jepang sejauh ini merupakan yang terendah di negara maju Kelompok Tujuh. Negara itu mengalami penurunan ekonomi terburuk dalam catatan pada kuartal April-Juni.

Suga telah berjanji untuk mengamankan dosis vaksin yang cukup untuk seluruh rakyat pada paruh pertama tahun depan dan masih belum jelas sejauh mana penduduk asing akan memenuhi syarat untuk vaksinasi gratis.

Meski begitu, tak semua warga negara Jepang antusias dengan imunisasi. Survei Ipsos yang dilakukan pada Oktober menunjukkan bahwa hanya 69 persen responden Jepang bersedia mendapatkan vaksin jika tersedia, atau lebih rendah ketimbang rata-rata global sebesar 73 persen.

Total korban meninggal di Jepang akibat pandemi kini melampaui 2.000 orang sejak awal wabah, dibandingkan dengan sekitar 1.500 kematian per hari di Amerika Serikat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*