Tembus 1 Juta Kasus, Ini Strategi Menkes Tekan Laju Penularan Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: youtube Sekretariat Presiden)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara khusus menyampaikan duka cita mendalam bagi masyarakat Indonesia atas pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terus menunjukkan peningkatan yang mengkhawatirkan. Jumlah kasus positif virus corna di Tanah Air saat ini mencapai 1 juta lebih.

Data Kementerian Kesehatan RI per Selasa (26/1/2020) total kasus konfirmasi positif virus Corona di Indonesia mencapai 1.012.350 kasus, sebanyak 820.356 orang dinyatakan telah pulih, sementara 28.468 lainnya meninggal dunia.

“Angka 1 juta ini memberikan indikasi bahwa seluruh rakyat dan pemerintah bekerja bersama mengatasi pandemi dengan lebih keras. Semua ahli epidemiolog mengatakan pada saya untuk mengatasai pandemi ini satu hal yang harus dilakukan adalah kita harus mengurangi laju penularan virus,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam siaran pers dari channel YouTube Sekretariat Kepresidenan, Selasa (26/1/2021).

Menkes Budi menyampaikan sejumlah pesan untuk mengurangi laju penularan. Pertama, Menkes mengingatkan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk di antaranya memakai masker, mencuci tangan, dan saling menjaga jarak.

Kedua, testing dan tracing perlu diperkuat. Testing dilakukan pada individu yang diduga tertular untuk mengidentifikasi kasus dan mengurangi laju penularan, sedangkan tracing dilakukan pada kontak erat dari pasien yang sudah positif Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menanjak, PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi 14 Hari

Terakhir, Menkes juga menyinggung soal isolasi yang nyaman. Ini untuk memastikan bahwa pasien yang positif bisa sembuh tanpa menulari orang lain. “Tujuannya hanya satu, mengurangi laju penularan. Flattening the curve,” katanya.

Selain itu, Menkes menyebut sudah lebih dari 600 tenaga kesehatan yang meninggal dunia sejak pandemi Corona menyebar di Indonesia pada Maret 2020 lalu.

Sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Corona, tenaga kesehatan termasuk kelompok rentan terinfeksi virus mematikan tersebut. Mereka juga berisiko mengalami burnout atau kelelahan di masa pandemi Covid-19 akibat kasus Corona yang tak kunjung mengalami penurunan.

Menkes Budi juga mengajak semua pihak untuk merenung setelah kasus positif COVID-19 di Indonesia tembus sejuta. Berusaha mengurangi laju penularan virus dengan bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harus patuh memakai masker. Ini tidak bisa dilakuakan seorang diri tanpa seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini. Kita harus memastikan, mengingatkan diri kita sendiri dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita agar kita disiplin,” ungkapnya.

Berbagai cara telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Namun sejak diberlakukannya PPKM, sayangnya, tak terlihat penurunan kasus yang signifikan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*