Solo Terima 4.364 Dosis Vaksin, Prioritas Bagi Tenaga Kesehatan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengecek vaksin Sinovac di gudang Dinas Kesehatan Pemprov Jateng,Kawasan Industri Tambakaji Semarang | Foto: humas.jatengprov.go.id
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Pemerintah Kota Solo akan menerima sekitar 4.364 dosis vaksin Covid-19 Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng). Ribuan tenaga medis telah menerima SMS blast terkait pemberian vaksin Covid-19 tersebut.

SMS blast kepada ribuan nakes itu berdasarkan data penyaluran vaksin Covid-19 menggunakan sistem Satu Data Indonesia (SDI) yang dikelola Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas

Sejak Minggu (3/1/2020) dini hari, para nakes yang ditarget menerima vaksin sudah menerima pesan teks singkat (SMS) blast ke ponsel masing-masing. Mereka diminta merespons dengan memilih fasilitas kesehatan (faskes) dan waktu vaksinasi. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo tengah menyiapkan distribusi vaksin tahap pertama untuk ribuan nakes tersebut.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengaku dirinya menjadi salah satu nakes yang menerima SMS tersebut. Namun, ia belum bisa memastikan total jumlah nakes Kota Bengawan yang mendapatkan SMS serupa.

Baca juga: Tambah Kapasitas Rawat Inap, Solo Technopark Disiapkan Jadi RS Pasien COVID-19

DKK masih mendata jumlah nakes Kota Solo yang bakal menerima vaksin Covid-19 tahap pertama. Pendataan berlangsung sejak beberapa hari lalu berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Nakes hanya diberi waktu hingga Minggu malam pukul 23.59 WIB untuk membalas pesan. “Kami belum mengetahui jumlah pasti nakes yang menerima pesan itu,” katanya kepada wartawan, Senin (4/1/2020).

Menurut data DKK, jumlah nakes Solo mencapai 12.227 orang. Artinya, Solo membutuhkan 24.454 dosis vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan nakes. Ning, panggilan akrabnya, mengatakan vaksinasi akan berlangsung pada pekan kedua atau ketiga Januari ini.

Dalam hal ini, DKK sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membentuk tim vaksinasi. Mereka termasuk pengelola rumah sakit, puskesmas, dan organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Solo, dan Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) cabang Solo.

DKK juga terus menyiapkan 33 puskesmas dan dua RSUD milik Pemkot untuk pelaksanaan vaksinasi. “Setiap faskes diminta membentuk tim yang bertugas khusus pada penyaluran vaksin,” ucapnya.

Baca juga: Bangun Ekosistem Riset dan Inovasi, Menristek Gandeng UGM Kembangkan Vaksin Merah-Putih

Setiap tim diproyeksikan mampu menyalurkan 30-60 vaksin per hari. Faskes Kota Solo dengan jumlah nakes cukup banyak dapat membentuk lebih dari satu tim untuk pemberian vaksin Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, saat menggelar jumpa pers secara virtual dengan awak media di Semarang, Senin (4/1/2020).

Yulianto mengatakan total ada 62.560 dosis vaksin Sinovac yang saat ini telah tiba di Jateng. Puluhan ribu vaksin asal Tiongkok itu saat ini telah disimpan di Gudang Dinkes Jateng, di Kawasan Industri Tambakaji, Kota Semarang, dengan penjagaan aparat keamanan.

“62.560 dosis vaksin Sinovac ini diperuntukkan untuk 31.255 orang. Ini merupakan tahap pertama. Untuk tahap pertama ini penerima vaksin kita prioritaskan kepada tenaga kesehatan atau nakes sebagai garda terdepan yang memiliki risiko tinggi tertular Covid-19,” ujar Yulianto, dilansir dari Solopos.com.

Baca juga: Minimal 70 Persen Penduduk Indonesia Bakal Divaksin, Pahami Cara Kerja Vaksin Covid-19

Yulianto mengatakan setiap nakes nanti akan mendapat vaksinasi sebanyak dua kali. Tahap pertama pemberian vaksin akan diberikan sekitar tanggal 14 Januari 2021. Sedangkan tahap kedua akan diberikan setelah 14 hari atau dua pekan dari pemberian vaksin pertama.

“Jadi nanti satu sasaran dapat dua dosis vaksin. Hari pertama dan hari ke-14 atau dua pekan lagi diberikan,” ujarnya.

Sementara disinggung tentang kapan vaksin tersebut akan mulai didistribusikan ke-35 kabupaten/kota di Jateng, Yulianto belum bisa memastikan. Meski demikian, distribusi akan diberikan secepatnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*