Sinergikan Program Kampus Merdeka Belajar UNDIP Gandeng BI Institute

Ilustrasi kolase Undip-BI Institute | Foto: net
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Bank Indonesia Institute menandatangani kerja sama tentang Program Kampus Merdeka di Bank Indonesia, Selasa (29/12/2020). Kerjasama ini wujud sinergitas dunia kampus dengan industri dalam rangka menjalankan program Kampus Merdeka.

Acara penandatanganan yang diadakan secara virtual ini dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor, Gedung Widya Puraya Undip Tembalang. Penandatanganan kerjasama ini oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Rektor Undip dan Dr. Solikin M. Juhro yang menjabat sebagai Kepala Bank Indonesia Institute.

Kerjasama ini dijalin sebagai bentuk sinergi Bank Indonesia dengan institusi termasuk perguruan tinggi, dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Bank Indonesia telah beberapa kali menjalin kerjasama dengan Undip.

Perjanjian kali ini mengangkat tema “Program Kampus Merdeka”, dengan konsentrasi program pengembangan kurikulum bank sentral bersamaan dengan program Merdeka Belajar.

Bekerjasama dengan mitra universitas di tanah air, Bank Indonesia bertujuan tidak hanya sebagai bank sentral terbaik, tetapi juga sebagai bank sentral digital terdepan untuk lndonesia maju. Program ini melatih knowledge skill and attitude, serta meningkatkan capability para mahasiswa dalam mengelola corporate university.

Baca juga: UNDIP Raih Predikat PTN-BH Terbaik Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik

“Program ini akan menjadi program berkesinambungan dengan bantuan teman-teman perguruan tinggi termasuk Undip. Terima kasih pada Rektor Undip atas kerjasama selama ini antara BI dan Undip, semoga lancar sesuai rencana ke depannya,” tutur Dr. Solikin M. Juhro, dilansir dari undip.ac.id.

Menurut Prof. Yos, Undip berupaya di tengah pandemi agar bisa melakukan sesuatu yg berguna bagi Indonesia. Kini terdapat 5 jurnal Undip berindeks Scopus, dan Undip sebagai universitas riset terus meningkatkan publikasi hasil penelitian dari civitas academica dan mahasiswa.

Melalui kerjasama ini, Undip mendapatkan bantuan pengajaran berhubungan dengan Merdeka Belajar, dan BI mendapat publikasi dan kelas di mana pengajar berasal dari Undip dan BI. “Kami menyambut baik kerjasama ini, setelah penandatanganan MoU diharapkan bisa langsung melaksanakan program. Terima kasih BI atas kerjasamanya,” pungkas Prof. Yos.

Program ini merupakan bentuk dukungan institusi termasuk perguruan tinggi dalam menjalankan program Kampus Merdeka. Diharapkan dengan diadakan program seperti ini bisa membantu pemerintah dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berprestasi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*