UNDIP Raih Predikat PTN-BH Terbaik Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro berhasil meraih predikat PTN-BH Terbaik kategori Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik (LAPOR) pada ajang Anugerah Humas Dikti (AHD) 2020 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud RI.

Penghargaan diberikan secara virtual oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi RI Prof.Ir. Nizam, Ph.D. pada Rabu malam (23/12).

Prof Nizam menjelaskan LAPOR! adalah upaya untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya supaya masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara nasional.

Oleh karenanya, Pemerintah RI membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan melalui website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Tri), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS).

Baca juga: Clarivate Plc Nobatkan UNDIP Sebagai Lembaga Akademik Inovatif di Asia Tenggara dan Selatan

“Sampai dengan saat ini, SP4N-LAPOR! telah terhubung dengan 34 Kementerian, 96 Lembaga, dan 493 Pemerintah daerah di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi RI Prof.Ir. Nizam, Ph.D. pada Rabu malam (23/12), seperti dilansir dari undip.ac.id.

Dalam AHD 2020 semalam diumumkan Kategori Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik (LAPOR) yakni PTN-BH Terbaik diraih oleh Universitas Diponegoro, LLDikti Terbaik adalah LLDikti Wilayah V, PTN-Satker Terbaik yaitu Universitas Trunojoyo Madura dan PTN-BLU Terbaik berhasil diraih oleh Universitas Lampung.

Terkait prestasi yang membanggakan tersebut, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Dikti sebagai PTN-BH Terbaik dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik LAPOR ini.

Prof Yos berpesan, untuk terus menjaga kolaborasi yang solid dengan semua lini dan unit untuk semakin memudahkan akses ketersediaan informasi dan kecepatan penanganan pengaduan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*