Menulis Aksara Jawa di Komputer dan Handphone, Mau?

Mari berbagi

MENULIS Aksara Jawa di komputer dan handphone bukan suatu kemustahilan. Ternyata, sudah ada alat bantu yang bisa mengkonversi dan mewujudkan pemunculan huruf jawa di layar computer dan gadget tanpa harus mengubah keyboard yang ada.

Sebuah materi kuliah umum, pengajar Program Studi Bahasa dan sastra Jawa Fakultas Ilmu Budaya UNS, Dr  Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, SS , M Hum, membeberkan bagaimana penulisan huruf jawa di computer bisa dilakukan. Dalam kuliah umum yang dibagikan di youtube, Prasetyo yang juga Ketua Program Studi Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta ini secara gamblang membeberkan proses dan caranya secara rinci.

Kuliah umum yang sangat menarik, dan memang layak dibagikan kepada publik yang memiliki minat untuk belajar bahasa dan akasara Jawa secara otodidak. Yang menarik, model kuliah umum yang diberikan Prasetyo ini nyaris mirip tutorial, meski ada bagian-bagian yang sifatnya akademik.

Huruf Jawa sebenarnya masih banyak dipakai dan diajarkan di sekolah terutama yang ada di Jawa dan Bali. Banyak kota yang menampilkan huruf jawa di papan nama jalan yang ada di wilayahnya. Namun sayangnya sudah tidak banyak orang yang memiliki kemampuan dan terampil memakainya, meski itu diajarkan di sekolah dasar sampai sekolah menengah. Kalau ini terus terjadi, dikhawatirkan Aksara Jawa akan punah.

Baca juga: Membedah Situs Keraton Kartasura Bersama Balai Arkeologi

Memang, sudah ada beberpa software yang menyediakan program penulisan huruf Jawa di komputer, misalnya di Microsoft Office Word. Langkah yang diperlukan adalah mengaktifkan keyboard aksara Jawa dan menginstall font Hanacaraka di komputer yang standar Wndows 10, dan mengaktifkan keyboard aksara Jawa yang sudah tersedia secara bawaan.Jika kita sudah mengunduhnya, dalam kondisi offline pun kita bisa memakainya sehingga bisa lebih hemat.

Ada juga fasilitas yang disediakan dengan mengunakan font Hanacaraka ke dalam system sehingga bisa diterapkan di semua versi Windows (Windows XP – 10). Memang sebenarnya sekarang ini tidaklah sulit jika ingin membiasakan menulis akasara jawa di computer. Apalagi sekarang WhatsApp sudah bisa dipakai di computer dengan fasilitas WhatsApp Web.

Karena itu, jika ingin belajar secara praktis dan memahami teori dasarnya, Kuliah Umum Dr  Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, SS , M Hum yang di kanal youtube https://www.youtube.com/watch?v=2L8824OL2Tg ini menarik untuk ditonton dan diikuti. Untuk belajar sampai tingkat menengah pun, materi ini masih sangat layak untuk dipakai.

Harus diakui, di ruang “description” yang disediakan youtube, memang belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai ruang pemberi informasi yang bisa melengkapi dan memandu pemahaman lebih jauh tentang apa, siapa, mengapa, konten yang disajikan. Juga tentang apa, siapa narasumbernya.

Dan, itu merupakan hal jamak yang terjadi di banyak konten youtube. Ada baiknya jika UNS mulai menata konten yang dibagikan via youtube dengan mengisi deskripsi dengan informasi yang memadai, sebagai cara meningkatkan literasi media sosial. Supaya konten yang baik dan bermanfaat seperti Komputer Jawa ini bukan hanya memberi pengetahuan bagi publik, tapi mendorong interaksi publik dengan lembaga dan narasumber. (Agus Widyanto, wartawan dan praktisi komunikasi)

Catatan

Tayang Perdana: 11 Desember 2020

Perolehan Penonon: 166 views

Penyuka: 31

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*