Penerima Vaksin Covid-19 Dilarang Konsumsi Alkohol Selama 2 Bulan

Ilustrasi
Mari berbagi

JoSS, RUSIA – Otoritas kesehatan Rusia menyarankan bagi penerima vaksin Corona Sputnik V buatan Rusia untuk tidak mengonsumsi alkohol selama sekitar dua bulan, baik sebelum dan sesudah vaksinasi dilakukan.

Instruksi itu disampaikan oleh kepala pengawas keamanan konsumen Rusia, Rospotrebnadzor Anna Popova, pada Selasa (8/12), sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.

Instruksi tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova. Dia mengimbau untuk menghindari alkohol dan imunosupresan (obat penekan sistem imun) selama 42 hari.

“Asupan alkohol perlu dihentikan setidaknya dua pekan sebelum imunisasi,” kata Popova dalam wawancara dengan Radio Komsomolskaya Pravda.

Dia menambahkan, penerima vaksin harus menjauhkan diri dari alkohol selama “42 hari setelah injeksi pertama” karena kekebalan sedang dibentuk dan seseorang perlu berhati-hati.

“Itu membebani tubuh. Jika kita ingin tetap sehat dan memiliki respons kekebalan yang kuat, jangan minum alkohol,” kata Popova.

Baca juga: Jepang Gratiskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seluruh Warganya

Sebagai informasi, Rusia merupakan salah satu konsumen alkohol tertinggi di dunia meskipun jumlahnya terus mengalami penurunan secara signifikan sejak 2003.

Dilansir Moscow Times, Popova juga menyarankan agar penerima vaksin tidak merokok baik sebelum dan sesudah vaksinasi karena asap tembakau dapat mengiritasi paru-paru dan mengganggu respons imun.

Menanggapi anjuran Popova, Kepala Penelitian Gamaleya Alexander Gintsburg mengatakan meskipun seseorang tidak boleh mengonsumsi alkohol sebelum atau sesudah vaksinasi, tapi tidak masalah jika hanya meminum segelas alkohol. “Segelas sampanye tidak akan menyakiti siapa pun,” ujarnya.

Pusat penelitian Gamaleya adalah institusi yang mengembangkan vaksin Sputnik V. Meski pun Sputnik V masih menjalani uji klinis pasca-registrasi untuk keamanan, tapi upaya vaksinasi Covid-19 di Rusia telah dimulai di Moskow sejak akhir pekan lalu. Gamaleya mengatakan vaksin berbasis adenovirus tersebut 95 persen efektif melawan virus corona.

Pejabat kesehatan setempat memperkirakan 100 ribu orang Rusia telah menerima vaksin Sputnik V, termasuk relawan uji coba vaksin dan anggota militer. Sejauh ini, Rusia mencatat lebih dari 2,5 juta kasus Covid-19 dan 44 ribu kematian. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*