Pelabuhan Patimban Resmi Beroperasi, Lepas Ekspor Perdana 140 Unit Mobil

Pelabuhan Patimban | Foto: jbm.co.id
Mari berbagi

JoSS, SUBANG – Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat, resmi beroperasi untuk kegiatan ekspor-impor usai operasional pelabuhan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Eskpor perdana, pelepasan 140 unit mobil yang dikirim ke Brunei Darussalam menggunakan kapal NV Suzuka Express PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd, Minggu (20/12/2020).

“Pada operasi perdana pelabuhan ini akan dilakukan ekspor perdana 140 unit mobil Toyota, Daihatsu, Suzuki,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara soft launching dan operasional perdana Pelabuhan Patimban, Minggu (20/12).

Budi mengatakan Pelabuhan Patimban adalah salah satu Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pendanaan APBN dan pinjaman dari pemerintah Jepang.

Pembangunan tahap pertama Pelabuhan Patimban meliputi area terminal, breakwater, seawall, dan revetment, pembangunan back up area, jalan akses, serta jembatan penghubung.

Pada tahap ini Patimban akan memiliki kapasitas car terminal sebesar 218 ribu CBU dan kapasitas terminal kontainer sebesar 250 ribu TEUs.

Dalam tahap kedua, yang pembangunannya dimulai 2021-2024, akan terbangun 65 hektar dan tambahan car terminal sebanyak 600 ribu CBU.

“Selanjutnya 2024-2025 akan ada pembangunan Terminal Peti Kemas dengan kapasitas kumulatif 5,5 juta TEUs. Kemudian pada 2026-2027 pembangunan peti kemas akan dioptimalkan sebanyak 7,5 juta TEUs dan 600 ribu TEUs,” tuturnya, seperti dilansir dari CNNIndonesia.

Dia mengatakan ke depan, Pelabuhan Patimban juga akan disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu biaya logistik nasional.

“Di area ini juga akan ada Pertamina yang akan melakukan pembangunan dukungan energi bagi pelabuhan Patimban dan sekitarnya,” imbuhnya.

Baca juga: Proyek Tol Bawen-Jogja Mulai Dikerjakan Agustus 2021

Selain itu, pelabuhan yang dirancang sebagai yang terbesar di tanah air itu juga akan terkoneksi dengan jalan tol dan rel kereta api. “Diharapkan akan ada pembangunan 10 kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa sehingga ekonomi meningkat dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat,” tegasnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat bakal mendorong pertumbuhan kawasan regional Metropolitan Rebana yang memiliki 13 kota industri baru.

Dengan demikian, menurutnya, Patimban akan menjadi kota maritim yang dihuni 1 juta penduduk dalam beberapa waktu ke depan.

“Dalam 30 tahun akan sukses jadi kota dan kawasan pelabuhan luar biasa. Kawasan kota Bekasi butuh 30 tahun. Insya Allah di hari ini kita akan menyaksikan cikal bakal kesuksesan bersama,” ujarnya dalam acara soft launching dan operasional perdana Pelabuhan Patimban, Minggu (20/12).

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil juga memprediksi dalam 15 tahun ke depan, Patimban dan Rebana Metropolitan akan memberikan 4,3 juta lapangan pekerjaan di Jawa Barat.

Dengan ketersediaan lapangan kerja yang luas di tambah populasi yang meningkat, ia yakin dampak pembangunan pelabuhan tersebut terhadap ekonomi sampai 4 persen untuk Jawa Barat dan Indonedia.

“Saya mendoakan diberi kelancaran semua urusan kita. Kami akan terus mendukung pembangunan tahap-tahap selanjutnya. Dan konsep Bapak (Presiden), sistem koridor Jawa Bagian Utara disukseskan oleh Patimban,” imbuhnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*