Siap Jadi Yang Pertama Disuntik, Jokowi Tegaskan Vaksin Aman dan Gratis

Presiden Joko Widodo | Foto: setkab.go.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Jokowi menyatakan siap menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin virus corona. Hal itu dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan keamanan vaksin Covid-19.

“Saya tegaskan lagi nanti  saya yang akan menjadi penerima pertama vaksin, pertama kali untuk berikan kepercayaan, keyakinan masyarakat bahwa vaksin aman digunakan,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/12) yang disiarkan daring via akun Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu juga memastikan pemerintah tidak akan mematok bayaran untuk vaksin corona.

“Jadi setelah menerima masukan dari masyarakat, dan setelah kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid untuk masyarakat gratis,” kata Jokowi

“Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. Untuk itu saya instruksikan kepada seluruh kabinet, kementerian/lembaga, pemda untuk prioritaskan program vaksinasi tahun anggaran 2021,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan sebelumnya telah telah menerbitkan Kepmenkes HK.01.07/ Menkes/9860/2020 yang diteken 3 Desember lalu ditegaskan ada dua skema vaksinasi Covid-19, di mana yang gratis dikelola Kemenkes sementara yang mandiri alias berbayar dikelola Kementerian BUMN.

Baca juga: Jateng Bakal Terima 21 Juta Lebih Dosis Vaksin COVID-19

Terkait kebijakan itu, Presiden Jokowi meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merealokasi anggaran dari pos lain demi memenuhi kebutuhan biaya pendistribusian vaksin Covid-19 gratis seluruh masyarakat. Alokasi biaya ini khususnya dilakukan pada 2021.

“Saya juga instruksikan kepada Menteri Keuangan (Sri Mulyani) untuk memprioritaskan dan realokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksin gratis,” ucap Jokowi dalam konferensi pers, Rabu (16/12).

Ia memerintahkan seluruh kementerian/lembaga untuk memfokuskan anggaran 2021 untuk pendistribusian vaksin covid-19. Namun, Jokowi belum membeberkan kebutuhan biaya untuk menyalurkan vaksin gratis untuk seluruh masyarakat.

Sri Mulyani menyatakan pemerintah menyiapkan anggaran Rp60,5 triliun untuk pengadaan dan distribusi vaksin corona atau covid-19 di Indonesia. Anggaran ini merupakan lanjutan dari pengadaan vaksin yang baru saja masuk ke Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis pada Minggu (6/12) malam.

Dia menjelaskan rencana penggunaan alokasi dana tersebut. Pertama, senilai Rp18 triliun untuk pengadaan vaksin corona tahap selanjutnya. Kedua, antisipasi imunisasi dan program vaksinasi mencapai Rp3,7 triliun.

Ketiga, pengadaan sarana dan prasarana laboratorium vaksin mencapai Rp1,3 triliun. Keempat, dana untuk penelitian dan pengembangan serta tes PCR yang dilakukan Kementerian Kesehatan Rp1,2 triliun. Kelima, untuk evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rp100 miliar. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*