Ngeri, 600 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Kereta Api di Korea Utara Diduga Sabotase

Ilustrasi | Foto: thegoldlawfirm.net
Mari berbagi

JoSS, CHAGANG – Sedikitnya 600 orang tewas di tempat dalam kecelakaan dahsyat kereta api di Provinsi Chagang , Korea Utara. Dari jumlah korban tewas 140 orang merupakan personil militer.  Sementara itu lebih dari 230 lainnya cedera akibat kecelakaan itu.

Kecelakaan tersebut dikabarkna terjadi di Provinsi Chagang pada 15 November silam. Tepatnya di antara stasiun Pusong dan Hoichon.

Kejadian ini pun memicu banyak reaksi dari berbagai pihak termasuk penduduk di sekitar lokasi kecelakaan. Dilaporkan kereta api tersebut tergelincir hingga mengakibatkan banyak korban meninggal.

Penduduk setempat pun mencurigai ada hal tak wajar yang terjadi pada kecelakaan mengerikan tersebut. Kecurigaan muncul lantaran banyak dari korban meninggal adalah tentara Korea Utara.

Di dalamnya juga terdapat seorang kolonel senior dan kepala departemen politik akademi militer Korea Utara. Di balik dari kecelakaan tersebut membuat kekhawatiran bagi pihak Korea Utara.

Melansir dari Express.co.uk, orang-orang Korea Utara meyakini kecelakaan kereta api yang biasanya digunakan sebagai jalur dari Pyongyang ke Manpo bukan hal yang wajar.

Mengutip dari Daily NK, apalagi ada salah satu gerbong dalam kereta tersebut membawa pejabat penting.

“Ada kerugian besar di gerbong nomor 5, yang membawa petugas penghubung yang dikirim dari atas untuk menyampaikan perintah pelatihan, pasukan komunikasi yang membawa surat militer setiap hari, dan personel kembali ke unit mereka sebelum dimulainya musim dingin pelatihan di bulan Desember.”

Baca juga: Kabur Dari Karantina Pasien Covid-19 di Korea Utara Ditembak Mati Di Depan Warga

“Korban tewas termasuk komandan departemen teknis komando distrik Provinsi Chagang, seorang kolonel senior berusia 56 tahun dan kepala departemen politik Akademi Militer Lee Jae Sun, seorang kolonel berusia 55 tahun,” jelas sumber tersebut.

“Dengan banyak perwira dan tentara yang terbunuh atau terluka saat menjalankan bisnis resmi, pihak berwenang dilaporkan menganggap tergelincirnya kereta merupakan masalah nasional.”

Komite partai Provinsi Chagang mengatakan kecelakaan itu adalah “masalah serius”. Mereka juga khawatir bahwa kereta diktator Kim Jong-un terlibat dalam kecelakaan itu.

“Kecelakaan itu bisa merusak keamanan kepemimpinan revolusioner kami seandainya kereta pemimpin Korea Utara Kim Jong Un lewat pada saat itu.”

Ada juga sumber yang kemudian mengatakan bahwa kecelakaan tersebut karena ada orang yang sengaja melepas paku rel kereta api. Hal itu dilakukan lantaran tak ada apa-apa yang bisa dimakan olehnya di wilayah tempat kejadian kecelakaan.

Sumber itu menambahkan bahwa selama Arduous March Korea Utara tahun 1990-an, intelijen Korea Selatan akan memberi orang ribuan dolar jika mereka mencabut paku rel, meskipun hanya satu buah.

“Dengan penguncian virus corona dan kurangnya jatah makanan, mungkin ada orang yang menyerahkannya ke intelijen Korea Selatan,” tambahnya.

“Berdasarkan pemeriksaan, kereta tergelincir karena beberapa paku yang hilang dari rel di bagian rel yang dikelola oleh Stasiun Pusong.”

“Dengan kecelakaan yang ditetapkan sebagai insiden nasional, mereka yang bertanggung jawab untuk itu – kepala stasiun Stasiun Pusong, dan personel patroli kereta api dan personel pemeliharaan bagian rel tersebut – telah ditahan oleh Kementerian Keamanan Negara cabang Provinsi Chagang.”

Kini pun pihak berwenang di Korea Utara sedang melakukan investigasi termasuk memeriksa keterangan dari kepala stasiun setempat. Dikabarkan bahwa investigasi ini akan selesai diusut di akhir tahun ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*