Arab Saudi Tangguhkan Semua Penerbangan Internasional Selama Sepekan

Gelombang pertama Muslim dari penerbangan internasional tiba untuk Umrah setelah otoritas Saudi meringankan pembatasan penyakit virus korona (COVID-19), di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, pada 1 November 2020 | Foto: straitstimes.com
Mari berbagi

JoSS, ARAB SAUDI – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menangguhkan semua penerbangan internasional komersial yang menuju kerajaan selama sepekan setelah munculnya varian baru Covid-19. Pembatasan perjalanan Arab Saudi ini akan ditinjau ulang sesuai dengan perkembangan terkait virus corona.

Dilansir dari kantor berita negara SPA melaporkan informasi tersebut diperoleh dari sumber kementerian dalam negeri.

Sumber itu menambahkan, masuknya kerajaan melalui pelabuhan darat dan laut juga akan ditangguhkan untuk seminggu. Sumber mengatakan langkah-langkah itu diambil setelah penyebaran jenis baru Covid-19 di sejumlah negara, dikutip dari Reuters, 21 Desember 2020.

Namun, beberapa penerbangan akan diizinkan tergantung pada situasi tertentu, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan.

Menurut media Saudi, Arab News, siapa pun yang telah kembali ke Kerajaan dari negara-negara Eropa atau negara berisiko tinggi setelah 8 Desember harus menjalani karantina selama dua minggu sejak tanggal kedatangan mereka.

Mereka juga harus menjalani tes Covid-19 selama masa isolasi diri dan melakukan tes secara berkala setiap lima hari. Siapapun yang telah kembali dari atau transit melalui negara Eropa atau negara berisiko tinggi dalam tiga bulan terakhir juga harus menjalani tes.

Pergerakan barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara-negara di mana virus yang bermutasi belum muncul akan terus berlanjut seperti biasa.

Baca juga: Arab Saudi Klaim Berhasil Kendalikan Penyebaran Virus Covid-19

Dilansir dari Gulf News, Senin (21/12/2020), meski penerbangan internasional ke Arab Saudi ditangguhkan, semua penerbangan asing yang saat ini berada di wilayah negara itu diperbolehkan untuk keluar.

Selain menangguhkan semua penerbangan internasional, Arab Saudi juga mewajibkan siapa pun yang kembali dari salah satu negara Eropa atau negara terdampak lainnya untuk menjalani isolasi di tempat tinggalnya.

Ketentuan isolasi yang harus dipatuhi sebagai berikut: Isolasi rumah selama dua pekan, dimulai dari tanggal tiba di Arab Saudi Melakukan pemeriksaan Covid-19 selama masa isolasi, dengan pemeriksaan ulang setiap lima hari Kewajiban tersebut berlaku bagi mereka yang kembali ke Arab Saudi per Selasa (8/12/2020) hingga Senin (21/12/2020).

Selain itu, siapa pun yang kembali dari atau melewati negara Eropa atau negara mana pun di mana epidemi muncul dalam tiga bulan terakhir, harus menjalani tes virus corona. Peraturan baru itu muncul setelah Pemerintah Inggris mengumumkan strain baru virus corona penyebab Covid-19 yang menyebar lebih cepat.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan bahwa strain baru itu telah menyebabkan peningkatan signifikan orang-orang yang positif Covid-19. WHO juga menyatakan telah menerima laporan terkait temuan jenis baru virus corona di Inggris.

Direktur Program Kedaruratan WHO Dr Mike Ryan mengatakan, saat ini jenis baru virus corona tersebut masih terus diselidiki. Akan tetapi, sejauh ini, menurut WHO, belum ada bukti strain virus ini berperilaku berbeda dengan jenis virus yang telah ada. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*