KH Ma’ruf Amin Lepas Jabatan Ketum MUI, KH Miftachul Akhyar Sebagai Pengganti

Kolase, KH Miftachul Akhyar - KH Ma’ruf Amin | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum non-aktif Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebagai penggantinya KH Miftachul Akhyar, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, sebagai Ketua Umum MUI periode 2020-2025.

Penetapan tersebut dihasilkan secara mufakat tim formatur Musyawarah Nasional (Munas) X Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jumat (27/11/2020) di Hotel Sultan Jakarta.

Ma’ruf Amin kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan, sementara Dr Amirsyah ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal menggantikan Buya Anwar Abbas. Munas juga menetapkan sejumlah nama untuk menduduki posisi wakil ketua umum yaitu Buya Anwar Abbas, KH Marsyudi Suhud, dan Buya Basri Bermanda.

Saat menutup Munas, Wapres menitipkan tiga pesan kepada pengurus MUI untuk mendorong pengarusutamaan Islam jalan tengah, melakukan perbaikan, dan mendukung ekonomi syariah.

“Saya, selaku Wakil Presiden dan juga sebagai mantan ketua umum MUI, benar-benar ingin menitipkan tiga hal yang saya nilai sangat penting,” kata Ma’ruf Amin seperti dilaporkan Antara.

Pesan pertama, Ma’ruf Amin meminta MUI, sebagai ormas yang berisikan ulama-ulama, harus teguh dalam menjaga cara berpikir dan bertindak sebagai umat Islam yang moderat, tidak berlebihan, tidak berlaku masa bodoh, tidak kaku, dan tidak permisif.

Baca juga: Dewan Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol, ICJR: Sudah Banyak Aturan Soal Penggunaan Alkohol

“Komitmen untuk tetap menjadikan Islam wasathiyah sebagai cara berpikir, bersikap dan bertindak, harus tetap jadi pedoman dalam setiap kiprah MUI di masa yang akan datang,” katanya.

Kedua, MUI harus dapat melakukan pembenahan dan perubahan ke arah yang lebih baik secara terus menerus. Khususnya dalam memberikan pelayanan kepada umat Islam dan sebagai mitra Pemerintah.

“Diharapkan MUI semakin lebih baik dalam menjalankan fungsinya, terutama fungsi sebagai khadimul ummah dan shadiqul hukumah,” ungkapnya.

Terakhir, Ma’ruf Amin meminta MUI untuk terus mengawal pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Itu merupakan basis dan tumpuan kehidupan ekonomi sebagian besar umat dan telah menjadi bagian integral dari struktur perekonomian nasional, yang sekarang sudah menjadi kebijakan Pemerintah,” katanya.

Pada kesempatan ini, Ma’ruf Amin juga mengucapkan selamat kepada pimpinan MUI yang terpilih untuk periode 2020-2025. Wapres berharap para pengurus dapat menjalankan amanah dalam mandat kepemimpinan.

Ma’ruf Amin terpilih sebagai Ketua Umum MUI untuk periode 2015-2020, namun sejak dilantik sebagai Wapres pada 20 Oktober 2019, Ma’ruf menjabat sebagai Ketua Umum non-aktif seperti yang disepakati pada Rakernas MUI di Lombok, NTB. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*