Sering Dijadikan Tempat Mesum, Diskominfo Sragen Matikan Wifi Gratis di Lima RTH

Alun-alun Sragen | Foto: youtube Wens_ 3699
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen menghentikan pelayanan internet gratis lewat jaringan internet nirkabel atau wifi gratis di lima ruang terbuka hijau (RTH) atau taman milik Pemkab Sragen selama pandemi Covid-19. Pasalnya, internet gratis berpotensi menimbulkan kerumunan orang.

Kabid Infrastruktur Diskominfo Sragen Aris Munandar mengatakan, selain timbulkan kerumunan, pelayanan internet gratis itu kalau tidak diikuti kesadaran dan kontrol masyarakat sehingga menimbulkan efek negatif, seperti penumpukan sampah dan perbuatan mesum.

Aris sengaja menutup pelayanan internet gratis itu karena didasarkan pada laporan masyarakat. Dia menjelaskan sering kali mendapatkan keluhan petugas kebersihan taman yang harus membersihkan sampah di lokasi taman karena kurangnya kesadaran pengunjung untuk membuang sampah di tempatnya.

Penghentian internet gratis itu juga berdasarkan evaluasi adanya tindakan mesum yang dilakukan sepasang remaja di Alun-alun Sragen dan yang terakhir di Taman Edupark Gemolong Sragen.

“Ketika ada tindakan mesum kemudian diunggah ke media sosial itu menjadi bagian dari kontrol masyarakat. Kadang pernah saya hidupkan tetapi kemudian saya matikan terus. Kebijakan ini memang kontra produktif dengan Sragen sebagai kota layak anak. Salah satu syarat sebagai kota layak anak harus ada fasilitas internet di ruang publik,” ujarnya, dilansir dari Solopos.com

Baca juga: Duh, Dibuka 24 Jam Skybridge Terminal Tirtonadi Malah Dibuat Mesum

Aris mengatakan munculnya dampak negatif itu karena masyarakat belum siap dengan perkembangan teknologi, terutama internet yang mudah diakses lewat ponsel pintar.

Di sisi lain, Aris menilai ada pola asuh orang tua yang belum perhatian kepada anak-anaknya ketika mengakses internet. Aris pernah mendapatkan laporan ada anak yang lupa pulang ketika berselancar di dunia maya dengan memanfaatkan internet gratis di Sragen itu.

“Kuncinya sebenarnya terletak pada kontrol pemerintah dan masyarakat. Filter dari orang tua itu bagian dari kontrol masyarakat. Lebih baik anak dibelikan paket data terbatas dan mudah diawasi daripada dibiarkan mengakses internet gratis di ruang publik,” jelasnya.

Salah satu contoh adalah seorang anak di Desa Bedoro, Sambungmacan, Sragen, Anggra, 11, mendapatkan uang Rp60.000/bulan dari orang tuanya untuk membeli paket data internet unlimited atau tanpa batas. Anggra sering kali membuka Youtube dan game selain mengerjakan tugas sekolah setiap hari.

Dalam sehari ia bisa menghabiskan lebih dari 1 GB untuk berselancar di dunia maya. “Satu hari 1,5 GB itu kadang tidak habis. Biasanya untuk nonton video di Youtube,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*