Meski Kampus Lockdown, Praktikum dan Wisuda UNS Tetap Jalan

Ilustrasi Universitas Sebelas Maret | Foto: google galih adhi
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jamal Wiwoho memastikan menyelenggarakan kegiatan tertentu di dalam kampus tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, meski kampus setempat ditutup selama tujuh hari.

Dia menambahkan penutupan kampus bukan berarti penghentian total semua kegiatan. Menurutnya ada beberapa kelonggaran kegiatan tertentu yang bersifat penting dan mendesak. Kegiatan itu di antaranya praktikum mahasiswa serta wisuda pada Sabtu (22/10/2020).

“Kami harus memberikan kelonggaran bagi mahasiswa maupun dosen yang melakukan praktikum dalam rangka penyusunan skripsi, tesis, maupun disertasi yang sekiranya harus dilakukan di dalam kampus,” ujarnya saat ditemui di sela-sela persiapan wisuda di Auditorium UNS Solo, Rabu (21/10/2020).

Namun dia menekankan dosen maupun mahasiswa harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat. “Jadwalnya bisa digeser atau diganti,” tegasnya dilansir dari Solopos.com.

Jamal Wiwoho juga memerintahkan pimpinan unit kerja agar memastikan aktivitas perkantoran tetap berjalan dengan fleksibilitas pengaturan personel dan jam kerja.

Sementara itu, rencana wisuda mahasiswa UNS Solo yang akan diselenggarakan Sabtu (24/10/2020) juga tetap dijalankan, namun dengan beberapa perubahan teknis.

Baca juga: Dua Pejabat Meninggal Karena Covid-19 UNS Solo Kunci Gedung LPPM 10 Hari

Sebelumnya wisuda itu akan dilakukan secara luar jaringan (luring) yang diikuti perwakilan wisuda serta dalam jaringan (daring). Karena saat ini ada kebijakan pembatasan aktivitas, wisuda akan dilakukan daring penuh.

Jamal menambahkan sedianya dalam wisuda luring itu akan dimeriahkan dengan atraksi yang diperagakan 28 wisudawan.

“Momen wisuda kali ini kan bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda. Tadinya sudah dipersiapkan pertunjukan oleh 28 perwakilan wisudawan. Tapi karena situasinya berubah, ya terpaksa itu juga ditiadakan,” kata Jamal Wiwoho.

Upaya Sterilisasi Covid-19

Pada sisi lain, selama masa penutupan tersebut, gedung-gedung di dalam lingkungan kampus UNS disemprot disinfektan. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya sterilisasi Covid-19.

Diberitakan sebelumnya,  Jamal Wiwoho, mengeluarkan surat pemberitahuan lockdown seluruh lingkungan kampus selama tujuh hari, Rabu-Selasa (21-27/10/2020). Hal itu menyusul adanya dua pegawai yakni satu dosen dan satu pejabat LPPM UNS Solo yang meninggal dunia dengan dinyatakan positif Covid-19 dalam dua hari berurutan.

Sebagaimana diketahui, Kasubbag Umum dan Keuangan LPPM UNS, Karyono, meninggal dunia akibat Covid-19, Selasa (20/10/2020) di RS UNS di Kartasura, Sukoharjo.

Sehari sebelumnya atau Senin (19/10/2020) dosen Fakultas Hukum (FH) UNS Prasetyo Hadi meninggal dunia akibat Covid-19. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*