Kisah Dibalik Laga Terakhir Khabib Nurmagomedov

Foto: technosports.co.in
Mari berbagi

JoSS, ABU DHABI – Khabib Nurmagomedov dikabarkan mengalami masa-masa sulit sebelum menjalani laga terakhirnya melawan Justin Gaeyhje di UFC 254, Abu Dhami Uni Emirate Arab, Minggu (25/10) waktu setempat.

Belum pulih dari duka mendalam atas kepergian ayah tercinta, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia pada Juli lalu, Pelatih Khabib Nurmagomedov, Javier Mendes mengaku The Eagles sempat sakit gondongan dan patah jari kaki saat persiapan laga terakhirnya.

Menurut pengakuan Mendes, Khabib dan timnya mengalami banyak kesialan selama masa pemusatan latihan. Kondisi itu membuat persiapan Khabib melawan Gaethje terhenti dua kali.

Masalah pertama karena sakit gondongan yang dialami Khabib. Hal ini membuat petarung berusia 32 itu tidak bisa berlatih dengan maksimal.

Begitu pulih dari sakit, Khabib mengalami patah jari dan dilaporkan sempat dibawah ke rumah sakit. Cedera itu membuat persiapan Khabib untuk mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC kembali terhenti.

“Ada infeksi staph yang menjangkiti banyak orang dan gondongan. Khabib mengalami gondongan selama dua minggu di [kamp pelatihan]. Dia berlatih sangat ringan selama satu pekan dan kemudian jari kakinya patah di sebelah jari kelingking. Karena jari kaki patah, kami berhenti latihan lagi,” ucap Mendez seperti dilansir dari MMA Fighting.

Kendati mengalami banyak kesialan, Mendez mengaku Khabib memiliki tekad yang begitu kuat. Hal itu pula yang membuat Mendes yakin anak asuhnya bisa melewati semua kesulitan tersebut.

“Ini kamp [pelatihan] yang sangat sulit. Tapi Khabib berkata ‘pelatih, jari saya boleh saja patah tetapi pikiran saya tidak.’

“Saya berkata padanya, saya tahu dan itulah saat saya tahu dia akan berjuang melalui semua kesulitan ini apa pun yang terjadi.”

Saat menghadapi Gaethje, Khabib hanya butuh dua ronde untuk menuntaskan pertarungan. Petarung asal Dagestan itu mengalahkan Gaethje lewat submission menggunakan teknik triangle choke yang mematikan.

Baca juga: Tayang Tahun Depan Fast and Furious Dikabarkan Tamat di Film ke-11

Kemenangan itu membuat Khabib berhasil mempertahankan sabuk juara kelas ringan untuk kali ketiga. Namun, setelah pertarungan ia memutuskan pensiun karena merasa tak bisa lagi bertarung di octagon setelah sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia.

Khabib tampak emosional begitu  wasit menyudahi pertandingan di ronde kedua lewat submission. Petarung asal Rusia itu bersujud dan seketika air matanya mengalir.

Khabib menutup wajahnya menggunakan tangan kanan. The Eagle dipenuhi keharuan usai mengalahkan Gaethje lewat submission di ronde kedua.

Saat Khabib masih menangis, Gaethje menghampiri juara kelas ringan UFC itu. Gaethje memeluk Khabib dengan lengan kanannya dan terlihat membisikan sesuatu.

Gaethje coba menghibur Khabib meski baru saja dikalahkan petarung asal Rusia itu. Gaethje lantas meninggalkan Khabib yang masih menangis di octagon.

Setelah menangis di matras, Khabib lantas memberikan pengumuman mengejutkan. Petarung berusia 32 itu memutuskan pensiun dan duel melawan Gaethje jadi yang terakhir di arena UFC.

Keputusan itu diambil Khabib karena merasa tidak bisa bertarung tanpa didampingi sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap meninggal dunia karena sakit jantung dan komplikasi dengan virus corona pada 3 Juli 2020.

“Ini pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah saya. Saat UFC menelpon saya bersama Justin [Gaethje], saya berbicara dengan ibu selama tiga hari,” ujar Khabib seusai pertandingan.

“Saya berjanji padanya ini akan jadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepati janji saya. Ini pertarungan terakhir,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*