Digabung, 3 Bank Pelat Merah Ini Akan Jadi Bank Syariah Terbesar di Indonesia

Ilustrasi | Foto: ruangguru
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir segera mengumumkan penggabungan tiga bank syariah milik pemerintah yakni BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Penggabungan ini akan mendongkrak total aset bank syariah ini mencapai Rp220-Rp225 triliun dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Seperti diketahui, ke tiga bank syariah pelat merah itu telah menandatangani perjanjian penggabungan atau conditional merger agreement (CMA) pada Senin petang, 12 Oktober 2020. Proses merger ini akan menyatukan aset milik ketiga anak usaha bank BUMN tersebut.

Sebagai informasi, aset BRI Syariah pada kuartal II 2020 sebesar Rp49,6 triliun, BNI Syariah Rp50,78 triliun, dan Bank Syariah Mandiri Rp114,4 triliun.

“Setelah merger, bank syariah akan menempati posisi ketujuh atau kedelapan top ten perbankan di Indonesia,” ujar Ketua Tim Project Management Office (PMO) sekaligus Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Hery Gunardi dalam konferensi pers virtual pada Selasa, 13 Oktober 2020.

Penandatanganan CMA merupakan tahap awal dari rangkaian proses penggabungan ketiga bank. Selanjutnya, PMO akan mengumumkan rencana merger secara mendetail pada 20 Oktober 2020 sembari mengurus izin penggabungan entitas kepada regulator, seperti Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: Bank Dunia Naikan Peringkat RI Menjadi Negara Berpenghasilan Menengah ke Atas

Seumpama lancar, proses merger akan selesai pada Februari 2021. Selanjutnya, Bank BRI Syariah, sebagai perusahaan yang sudah melantai di bursa efek, bakal menjadi cangkang dari  merger bank syariah.

Penggabungan ketiga entitas merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN untuk memperkuat posisi  bank syariah milik negara. “Apalagi Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, harapannya punya bank syariah yang besar pula serta berdaya saing global,” ucapnya.

Bank syariah pelat merah bahkan didorong menjadi bank dengan potensi kapitalisasi market terbesar yang pada 2025 akan mengantongi aset Rp 395 triliun. Sedangkan target pembiayaan pada lima tahun mendatang mencapai Rp 272 triliun dengan pendanaan Rp 355 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir memandang upaya pemerintah untuk menggabungkan bank-bank syariah nasional akan mewujudkan mimpi Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia. “Langkah ini adalah tonggak sejarah untuk kita semua, tonggak pertama menggabungkan bank-bank syariah nasional,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia sudah seharusnya memiliki bank syariah yang kuat. Hal itu bisa didapatkan dengan penggabungan tiga bank syariah BUMN.

“Indonesia harus bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Oleh karena itu pemerintah melalui Kementerian BUMN melakukan inisiatif penandatanganan untuk menyatukan ketiga bank syariah nasional,” tutur Erick.

Saat ini, Erick bilang Indonesia masih tertinggal dengan negara Islam lainnya. Namun, bukan berarti Indonesia tak bisa membalap negara lain dalam membangun industri syariah.

“Harus yakin bila bersatu. Insyaallah mampu jadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia,” jelas Erick, dilansir dari CNNIndonesia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*