Antisipasi Kepadatan Penumpang KAI Tambah Perjalanan 12 KA Jarak Jauh

Ilustrasi | Foto: republika.co.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta menambah perjalanan kereta api (KA) guna mengantisipasi kepadatan penumpang pada libur panjang akhir Oktober 2020. Sebanyak 12 KA jarak jauh keberangkatan dari Daop 6 akan dioperasikan menyusul jumlah penumpang yang mengalami peningkatan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan, 12 KA jarak jauh yang akan beroperasi antara lain Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Kereta Api Sritanjung.

“Penambahan untuk memenuhi permintaan yang meningkat pada long weekend esok hari. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” kata Eko Budiyanto, Selasa (27/10/2020)

Selain itu juga terdapat berbagai KA yang juga melintas di wilayah Daop 6 dan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian menuju ke berbagai kota tujuan.

Diantaranya KA Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, dan Wijaya Kusuma.

PT KAI Daops 6 Yogyakarta juga mengoperasikan 4 Perjalanan KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Sehingga penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta maupun Stasiun Kebumen dapat terfasilitasi.

“Dari Stasiun Besar Yogyakarta dioperasikan 2perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Kebumen, dan dari Stasiun Kebumen dioperasikan 2perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Yogyakarta untuk mengakomodir masyarakat yang memanfaatkan penerbangan dari YIA,” jelasnya

PT KAI mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur long weekend.
Seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan.

“Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” tegasnya.

Baca juga: Bus dan Kapal Penyeberangan Bebas Syarat Rapid Test

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI Daop 6 menyediakan layanan rapid test di Stasiun Yogyakarta dan Solo.

Pihaknya menghimbau calon penumpang melakukan rapid test 1 hari sebelum keberangkatan untuk mencegah antrian.

Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV.

Safe Guard Label SIBV ini telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Bureau Veritas, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sehingga masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M. Yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak. “Kami juga menghimbau para penumpang datang lebih awal ke stasiun untuk menghindari kepadatan lalu lintas karena libur long weekend,” tutup Eko. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*