Tiga Kepala Daerah Sambut Mahasiswa Baru PSDKU dan Permata-Sakti

Dekan Sekolah Vokasi dan Dekan Fakultas FISIP UNDIP terima berita acara penyerahan mahasiswa baru PSDKU dari Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, Senin (21/9) | Foto: linakasih/JoSS
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang melantik mahasiswa baru PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) dan juga menggelar lepas sambut mahasiswa Program PERMATA-SAKTI (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi) pada Senin (21/9).

Tiga kepala daerah yakni Bupati Batang Wihaji, Bupati Pekalongan Asif Kholbihi, dan Bupati Rembang Bupati Abdul Hafidz turut hadir dalam upacara secara virtual ini menyambut para mahasiswa PSDKU.

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru PSDKU dan Lepas Sambut Mahasiswa Program PERMATA-SAKTI UNDIP Tahun Akademik 2020/2021 yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, para Dekan Fakultas beserta jajarannya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Budi Setiyono, S.Sos.,M.Pol.Admin.,Ph.D mengatakan pada Tahun Akademik 2020/2021 ini terdapat 459 mahasiswa baru Undip PSDKU yang terdiri dari 89 mahasiswa program sarjana dan 370 mahasiswa program diploma.

“Mahasiswa baru tersebut nantinya akan berkuliah di Kampus PSDKU Undip yang bertempat di kota Pekalongan, Batang, dan Rembang,” katanya dalam membacakan laporannya, seperti dilansir dari undip.ac.id.

Bersamaan dengan acara penerimaan mahasiswa baru PSDKU, Undip melepas  47 mahasiswa Program PERMATA-SAKTI untuk mengikuti program PERMATA-SAKTI pada 18 PTN wilayah Barat dan Timur.  Dan menyambut 195 mahasiswa program PERMATA-SAKTI dari 24 perguruan tinggi wilayah Barat dan Timur.

Baca juga: UNDIP Implementasikan Permata-Sakti di 18 PTN di Wilayah Timur dan Barat Nusantara
Bupati Batang Wihaji menyambut baik para mahasiswa baru PSDKU di Kampus Undip Batang. | Foto: linakasih/JoSS

Program pertukaran mahasiswa tingkat nusantara ini memiliki tujuan antara lain untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan integritas mahasiswa se-Indonesia, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan soft skill mahasiswa dengan karakter Pancasila, memberi kesempatan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar di perguruan tinggi lain, serta meningkatkan mutu pendidikan melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing perguruan tinggi.

Sebagai World Class University yang termasuk dalam peringkat ke-4 di Indonesia, UNDIP selalu meningkatkan sistem pembelajarannya menjadi lebih baik.

Dengan membangun kampus PSDKU dan bergabung dalam program PERMATA-SAKTI, diharapkan agar mahasiswa UNDIP dapat menghadapi globalisasi dengan kolaborasi dan akselerasi yang baik antara mahasiswa dan kampus.

“Selamat datang bagi mahasiswa baru PSDKU dan PERMATA-SAKTI 2020. UNDIP adalah universitas nasional yang mahasiswanya terdiri dari berbagai suku bangsa dan anti radikalisme. Di sini mahasiswa tidak hanya belajar akademik tetapi juga soft skill dan berorganisasi untuk mengembangkan potensi diri”, tutur Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.

Rektor menyampaikan pula progress pembangunan kampus PSDKU UNDIP. Kampus PSDKU akan dibangun secara berkelanjutan dengan menambah sarana dan prasarana menjadi lebih baik.

“Untuk kampus PSDKU Batang dan Pekalongan dapat ditingkatkan sarana dan prasarananya, sedangkan untuk kampus PSDKU Rembang sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat,” kata rektor. (lna)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*