UNDIP Implementasikan Permata-Sakti di 18 PTN di Wilayah Timur dan Barat Nusantara

Foto: kampusundip
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (UNDIP) mengimplementasikan program PERMATA-SAKTI dalam rangka mendukung program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lepas Sambut Mahasiswa Permata-Sakti Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2020/2021 akan dilakukan hari Ini Senin (21/9) bertempat di Gedung Prof. Soedarto, SH pukul 09.00 WIB, bersamaan dengan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru PSDKU.

Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) merupakan program prioritas untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Adapun proses pembelajaran dilakukan secara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring dan atau hybrid sytem.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., mengatakan implementasi dar program ini yakni setiap kampus menyajikan topic mata kuliah berdasarkan keunggulannya atau academic excellent masing-masing perguruan tinggi. Zonasi PTN dibagi menjadi 3 wilayah (Timur, Tengah dan Barat). Sementara UNDIP masuk dalam wilayah tengah.

“Mahasiswa UNDIP yang mengikuti Program Permata Sakti (outbound) sebanyak 47 orang dengan tujuan 18 PTN wilayah Timur dan Barat,” kata Rektor saat gladi bersih persiapan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru PSDKU dan Lepas Sambut Mahasiswa Permata-Sakti Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2020/2021 bertempat di Gedung Prof. Soedarto, SH pada Jumat(18/9/2020).

Baca juga: Ini Lho ‘Denok & Kenang’ Robot Karya UNDIP Yang Siap Bantu Pelayanan Masyarakat di Masa Pandemi

Lebih lanjut Prof. Yos menyampaikan bahwa untuk Permata-Sakti (inbound) UNDIP menerima 195 mahasiswa 24 perguruan tinggi yang ada di wilayah timur dan barat.

Sebagai informasi jumlah mahasiswa baru PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) UNDIP yakni 459 orang yang terdiri dari Program Sarjana 89 orang dan Program Diploma sebanyak 370 orang.

Kampus PSDKU UNDIP terdapat di 4 wilayah, yakni PSDKU kampus UNDIP Kabupaten Pekalongan dengan Program D3 Akuntansi dan D3 Perencanaan Wilayah dan Kota. Kemudian PSDKU kampus UNDIP Kabupaten Batang yang membuka program D3 Administrasi Pajak dan D3 Hubungan Masyarakat.

Terdapat juga Program Kerjasama UNDIP kampus UNDIP Kabupaten Demak dengan program D3 Akuntansi dan S1 Terapan-Rekayasa Perancangan Teknik. Juga PSDKU kampus UNDIP Kabupaten Rembang yang baru membuka program D3 Manajemen. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*