Kasus Covid-19 RI Terus Melejit, Doni Monardo: Disiplin Protokol Kesehatan Harga Mati!

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo | Foto: bnpb.go.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia terus melejit dalam sebulan terakhir. Orang tanpa gejala (OTG) dinilai lebih berbahaya karena menularkan virus tanpa terdeteksi. Untuk itu disiplin menerapkan protokol kesehatan sangat penting.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, manusia yang membawa Covid-19 atau carrier, jauh lebih berbahaya. “Covid-19 berbahaya. Tetapi manusia yang membawa Covid-19 atau sebagai carrier itu jauh lebih berbahaya,” kata Doni dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/9).

Doni mengatakan bahwa penularan virus corona, penyebab Covid-19, terjadi melalui perantara manusia. Karena itu, ia menegaskan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Inilah yang harus kita sadari bahwa setiap saat setiap detik, disiplin adalah harga mati. Sedikit saja kita lengah, kita abai dengan protokol kesehatan, maka kita akan mudah terpapar,” katanya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini melihat bahwa menjaga jarak dan menghindari kerumunan adalah hal yang masih sulit dilakukan. Menurutnya hal itu banyak terjadi di beberapa daerah.

Berdasarkan hasil beberapa survei, termasuk dari Balitbankes Kementerian Kesehatan pada bulan Juli 2020, banyak masyarakat yang menganggap bahwa mereka tidak akan terkena Covid-19 dan Covid-19 itu tidak ada.

Baca juga: Tenaga Medis Mulai Kelelahan dan Kewalahan, Relawan Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Padahal secara global, korban meninggal Covid-19 telah mencapai satu juta jiwa dan hampir setara dengan korban Perang Dunia I. “Covid-19 ini nyata. Bahwa Covid-19 ini bukan rekayasa. Bahwa Covid-19 ini bukan konspirasi,” ujar dia.

Kasus positif virus Corona di Indonesia bertambah 3.874 kasus pada Minggu (28/9). Total kasus positif virus Corona di Indonesia menjadi 275.213.

Jumlah tersebut didasari data yang dirilis BNPB pada Minggu (27/9/2020). Data ini dihimpun hingga pukul 12.00 WIB dan di-update secara berkala setiap hari.

Pasien sembuh hari ini juga mengalami penambahan sebesar 3.611. Dengan penambahan tersebut, pasien positif  Covid-19 yang dinyatakan sembuh menjadi 203.014.

Sementara itu, pasien yang meninggal per hari ini bertambah 78 orang, sehingga kasus pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia hingga saat ini berjumlah 10.386.

Per hari ini, pemerintah juga memantau 129.553 pasien suspek Covid-19. Pemerintah juga telah memeriksa 37.272 spesimen per Minggu (28/9).

Penambahan kasus hari ini lebih sedikit dari hari sebelumnya, Sabtu (26/9). Pada Sabtu  (26/9), kasus positif Covid-19 bertambah 4.494. Total kasus sebesar 271.339. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*