Ini Lho ‘Denok & Kenang’ Robot Karya UNDIP Yang Siap Bantu Pelayanan Masyarakat di Masa Pandemi

Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama bersama Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryati usai penandatanganan Komitmen Bersama antara Pemkot Semarang dengan UNDIP tentang Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam rangka Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Semarang, pada Rabu (16/9/2020) di Ruang Loka Krida Kota Semarang Gedung Moch Ichsan Lt. VIII | Foto: Humas Undip
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang makin mantab mengukuhkan predikatnya sebagai universitas riset, mengaplikasikan hasil riset dan teknologi untuk kemajuan Kota Semarang. ‘Denok dan Kenang’ dua robot pria dan wanita itu kini siap membantu pelayanan masyarakat di Balaikota Semarang pada masa Pandemi ini.

Rektor UNDIP Prof.Yos Johan Utama mengatakan sebagai apresiasi untuk prestasi Pemkot Semarang dalam membangun kota Semarang dan upaya penanganan Covid 19.

“Untuk itu kami berikan nama robot karya Undip ini untuk mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang yakni SEBEMOT singkatan dari Semarang Best Mayor Robot untuk robot pria dan SEBEVIMOT singkatan dari Semarang Vice Mayor Robot untuk robot wanitanya,” tutur Prof Yos pada acara Penandatangan Komitmen Bersama antara Pemkot Semarang dengan UNDIP tentang Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam rangka Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Semarang, pada Rabu(16/9/2020) bertempat di Ruang Loka Krida Kota Semarang Gedung Moch Ichsan Lt. VIII.

Baca juga: UNDIP dan Pemkot Semarang Bersinergi Guna Tekan Penyebaran Covid-19
Denok & Kenang atau robot karya Undip bernama SEBEMOT singkatan dari Semarang Best Mayor Robot untuk robot pria dan SEBEVIMOT singkatan dari Semarang Vice Mayor Robot untuk robot wanitanya | Foto: Humas Undip

Prof Yos menambahkan, Undip sebagai universitas riset bersama dengan Pemkot Semarang membangun sinergi dengan menjalin kerjasama untuk mengembangkan riset dan teknologi. “Kami berharap sinergi UNDIP dan Pemkot Semarang akan banyak memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan utamanya mempercepat penanganan Covid 19 di kota Semarang,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Semarang H.Hendrar Prihadi,SE.,MM mengungkapkan, berawal dari menyaksikan wisuda Undip ke-159 dengan peraga robot menggantikan kehadiran wisuda karena pandemi.

“Hal itu, menggugah kami untuk bekerjasama mengembangkan hasil riset UNDIP untuk membantu Pemkot Semarang dalam upaya penanganan pandemi Covid 19 ini,” kata Hendi sapaan akrab Walikota Semarang ini.

Dia menambahkan bahwa Pemkot Semarang siap dijadikan laboratorium guna pengembangan dan penelitian lanjutan hasil riset UNDIP, utamanya yang mendukung percepatan penanganan Covid 19.

“Rencananya robot yang akan digunakan untuk membantu pelayanan akan ditempatkan di lobi balaikota dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kota Semarang juga perpustakaan,” katanya dilansir dari Undip.ac.id.

Robot dengan dipermanis penampilannya seperti denok dan kenang ini diharapkan mampu mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang dan membantu percepatan penanganan pandemi covid 19 dengan menghindari kontak langsung. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*