8 Tol Baru Bakal Dibangun di Wilayah Jawa-Bali Akhir 2020

Ilustrasi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) | Foto: twitter @KemenPU
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Setelah sukses membangun Tol Trans Jawa yang membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur pada 2019 lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan pembangunan delapan ruas tol baru pada akhir tahun 2020 hingga 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, delapan ruas tol ini akan menghubungkan kawasan-kawasan strategis dan pusat pertumbuhan di Pulau Jawa dan Bali. Untuk Pulau Jawa, setelah kawasan Pantai Utara Jawa tersambung, ke depan pemerintah mulai menggarap kawasan selatan Jawa.

“Pembangunan delapan ruas tol tersebut memiliki total panjang 374 km dengan nilai investasi sebesar Rp100 triliun,” kata Basuki pada acara penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan Tol Solo-Yogyakarta- YIA Kulon Progo, di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Rabu (9/9).

Beberapa ruas tol yang dibangun adalah Tol Solo-Yogyakarta- Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo 96,57 km, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan 60,1 km, Tol Kertajari-Cipali 3,6 km, dan Tol North-South Link Bandung 14,2 km.

Kemudian Tol Harbour Road Tanjung Priok-Pluit 8,9 km, Tol Jogja-Bawen 75,83 km, Tol Gilimanuk-Mengwi 95,22 km; dan terakhir Tol Kediri-Kertosono 20,3 km.

Baca juga: Menteri Basuki Sebut Akhir Tahun Ini Pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi Diteken

“Ruas Tol Solo-Yogyakarta- bandara baru di Kulon Progo merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN) sepanjang 96,57 km,” tambah Basuki, dilansir dari JPNN.com.

Menteri Basuki menambahkan, dengan dibangunnya Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo, tol ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat pada segitiga emas sektor pariwisata Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang).

”Masyarakat telah menunggu-nunggu tol ini. Saya harap Joglosemar dapat menjadi segitiga emas yang bertumpu pada pengembangan potensi KSPN Borobudur dan Candi Prambanan,” jelas Basuki.

Di samping itu, Basuki mengatakan bahwa pembangunan tol ini dapat meningkatkan aksesibilitas antar wilayah, mengembangkan wilayah yang dilalui jalan tol, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Saya minta dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol dan serangkaian penandatanganan perjanjian ini, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) segera memulai proses konstruksi dan sehingga jalan tol ini dapat beroperasi penuh di tahun 2023,” tambah Menteri Basuki.

Basuki mengaku, jalan tol ini nantinya akan menghubungkan Ibukota Provinsi DIY dengan Kota Solo. Dari sana, akses menuju destinasi pariwisata nasional seperti Candi Prambanan menjadi lebih mudah.

“Jalan Tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa bagian Selatan-Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Pulau Jawa dengan menambahkan kapasitas jaringan jalan, serta menurunkan biaya transportasi dan logistik melalui satu jaringan tol yang terintegrasi,” papar Basuki. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*